WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Jam Operasional 09.00 - 18.00
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?
3 Hal Penting Dalam Merawat Ban Mobil

Ban mobil termasuk salah satu komponen yang memerlukan perhatian khusus agar bisa lebih awet, dan mencapai batas usia pemakaian yang maksimal. Selain itu, kondisi ban mobil yang terawat juga menjamin keamanan dan kenyamanan pengendara. Ada 3 hal penting yang perlu kamu perhatikan untuk merawat ban mobil agar tetap prima serta membuat umur pemakaian ban lebih awet.

Merawat Ban Mobil

Cara Merawat Ban Mobil

1. Memastikan Tekanan Angin Pada Ban Tetap Ideal

Tekanan angin pada ban mobil merupakan faktor yang paling menentukan dalam hal Merawat Ban Mobil, bahkan pengaruh tekanan angin juga berpengaruh terhadap komponen mobil lainnya serta kenyamanan dan keamanan berkendara.

Mengukur Tekanan Angin untuk Merawat Ban Mobil
  • Kurang Tekanan Angin Pada Ban bisa bisa memperpendek umur pemakaian ban, dikarenakan gaya gesek antara ban dan permukaan jalan lebih besar yang menyebabkan panas berlebih sehingga berpotensi meledak saat mobil dikendarai. Selain itu, kondisi ban yang kurang tekanan angin bisa menyebabkan kerusakan velg mobil dan penggunaan bahan bakar yang lebih boros

  • Kelebihan tekanan angin pada ban mobil bisa menyebabkan umur pemakaian lebih pendek. Selain itu, ban dengan tekanan angin yang berlebih berpotensi terjadinya ke ausan pada bagian tengah ban yang akan berpengaruh pada daya cengkeram dari ban tersebut. Daya cengkeram ban akan berkurang yang membuat mobil cenderung lebih sulit untuk dikendalikan. Kelebihan tekanan angin juga berpotensi terjadi nya pecah ban dijalan, terlebih saat menghantam lubang.

Selain menyebabkan umur pemakaian ban lebih pendek, tekanan angin yang tidak ideal juga bisa menyebabkan kerusakan pada komponen mobil lainnya, bahkan bisa mengganggu kenyamanan berkendara dan juga bisa mengancam keselamatan pengemudi dan orang lain disekitanya.

2. Pastikan Barang Bawaan Tidak Melebihi Batas Beban Ban Mobil

Ban mobil memiliki batas maksimal untuk menahan beban, jadi pastikan untuk tidak membawa beban yang melebihi batas kemampuan ban tersebut. Sering membawa beban yang berlebihan, selain membuat ban lebih cepat rusak hal tersebut juga bisa membahayakan keselamatan pengemudi dan orang disekitarnya. Untuk mengetahui berapa batas maksimal pada ban tersebut terdapat pada kode yang tertera pada ban. Contoh; 205/65R15 75H, angka 95 menunjukan batas berat yang mampu ditanggu adalah 387 kg per ban.

Batas Maksimal Beban Ban Mobil

Kode Load Capacity atau kapasitas beban

  • Kode 62 = 265 kg
  • Kode 63 = 272 kg
  • Kode 64 = 280 kg
  • Kode 66 = 300 kg
  • Kode 68 = 315 kg
  • Kode 70 = 335 kg
  • Kode 73 = 365 kg
  • Kode 75 = 387 kg
  • Kode 80-89 = 450 – 580 kg
  • Kode 90-100 = 600 – 800 kg

3. Melakukan Rotasi Ban Secara Berkala

Rotasi Ban Mobil Untuk Merawat Mobil

Melakukan rotasi ban secara berkala merupakan salah satu cara yang cukup efektive dalam hal merawat ban mobil agar lebih awet dan tahan lama. Biasanya tingkat keausan pada bagian depan mobil lebih tinggi dibandingkan dengan ban pada bagian belakang. Hal tersebut dikarenakan, pada bagian depan lebih sering mengalammi gesekan yang cukup tinggi akibat pengereman dan juga ketika berbelok atau melakukan manuver. Untuk melakukan rotasi ini disarankan setiap ban mobil mencapai jarak tempuh pemakaian 5000 km.

Kalau ingin ban mobil yang awet, selain kualitas dari ban tersebut perawatan terhadap ban juga harus dilakukan dengan baik. Setinggi apapun kualitas yang dimiliki sebuah ban mobil, tidak akan awet kalau tidak melakukan perawatan dengan baik.

Kalau ban mobil yang kmau miliki dianggap sudah tidak layak untuk digunakan, jangan pernah menunda untuk menggantinya dengan yang baru. Buat kamu yang memerlukan ban baru dengan kualitas yang terjamin dan harga yang lebih terjangkau TKB Group Indonesia siap membantu. Ban yang ditawarkan toko velg dan ban TKB adalah ban dari brand Accelera, Forceum, Zeetex dan juga Yokohama. Selain ban, TKB juga menawarkan velg dari brand HSR Wheel yang saat ini merupakan salah satu velg favorit orang Indonesia karena konsistensinya terhadap kualitas dan juga ragam desain yang sangar bervariasi.

Selain produk yang ditawarkan berkualitas, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan termasuk Gratis Balancing, Gratis Tambal Ban Tubeless, Gratis Isi Nitrogen, dan masih banyak keuntungan lainnya. Untuk kamu yang tertarik berbelanja di TKB Group Indonesia, temuka toko cabang terdekat dengan wilayah tinggal kamu disini.