6 Akibat Kekurangan Tekanan Angin Pada Ban

Sudah menjadi rahasia umum jika ban merupakan organ vital pada kendaraan. Semua komponen mobil bertumpu pada ban untuk bergerak mulus dan menimbulkan kenyamanan saat berkendara. Karena itulah, semua produsen mobil selalu menyarankan agar pengendara mengisi tekanan angin pada ban dengan kapasitas yang dianjurkan. Tekanan angin pada tiap mobil akan berbeda tergantung jenisnya sehingga pengecekan tiap minggu harus dilaksanakan. Tekanan angin juga tak boleh terlalu kurang atau lebih karena kedua hal tersebut pasti berpengaruh pada mobil. Seperti apa detailnya? Simak ulasan berikut.

Tekanan Angin Pada Ban

Pengaruh Kurang Tekanan Angin Pada Ban Mobil

1. Tarikan Menjadi Lebih Berat

Jika ban kekurangan tekanan angin, ban akan berputar dengan tidak sempurna. Beban yang berat membuat tarikan mobil semakin berat dan membuat tidak nyaman dalam berkendara.

2. Ban Cepat Aus Namun Tidak Rata

Pengikisan yang tidak seimbang terjadi karena ban kurang angin, karena jika ban dalam kondisi kempes, bagian yang menapak pada aspal hanya bagian pinggir ban dan bagian tengah tertekuk ke atas. Inilah yang menyebabkan ban cepat halus.

3. Ban Mudah Pecah

Ban yang kurang tekanan angin berakibat munculnya benjolan pada dinding samping ban. Benjolan ini membuat sidewall menjadi kurang kuat menahan benturan yang keras sehingga konstruksinya rusak.

4. Lebih Boros Bahan Bakar

ban yang kurang angin membuat telapak ban banyak menempel ke aspal. Ini membuat gesekan anatara permukaan ban dan aspal menjadi semakin besar. Untuk itu dibutuhkan tenaga tambahan untuk meluncur sehingga menyerap bahan bakar yang lebih.

5. Performa Pengereman Berkurang

Bila ban kempes maka membuat waktu berhenti menjadi lebih lama. Selain itu, mobil akan mudah tergelincir baik saat jalanan basah, licin atau salju. Sedang jika kondisi kering, ban akan mudah selip.

6. Memperpendek Usia Pakai Ban Mobil

Ban mempunyai usia ketahanan tertentu. Dengan sering bertekanan rendah maka usia tapak ban menjadi berkurang 25 persen. Karena itu, gantilah ban sebelum waktunya. Itulah tadi akibat yang dimunculkan oleh ban bertekanan rendah dengan pemakaian terus menerus. Sering lakukan pengecekan demi keselamatan Anda.

Dengan memperhatikan ukuran tekanan angin pada ban selain bisa memperpanjang usia pemakaian ban dan menjaga agar lebih awet, juga bisa menjaga kenyamanan serta keamanan dalam berkendara.

Dapatkan Ban Mobil Terbaik dari TKB Group Indonesia

Sangat disarankan untuk tidak menunda ketika ban mobil dianggap sudah tidak layak untuk digunakan, karena selain mengganggu kenyamanan hal tersebut juga bisa membahayakan keselamatan.

Untuk mendapatkan ban dengan kualitas yang terjamin, TKB Group Indonesia bisa menjadi pilihan utama. Dengan membeli produk TKB Kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan seperti, Gratis Tambal Ban Tubeless, Gratis Isi Nitrogen, Gratis Balancing, Gratis Ongkos Kirim, Gratis Bongkar Pasang, dan masih banyak keuntungan lainnya.

TKB Group Indonesia memiliki toko cabang yang tersebar hampir diseluruh kota besar di Indonesia, untuk menemukan alamat toko cabang TKB Group kamu bisa lihat disini.

Selain menjual ban mobil, Setiap toko cabang TKB juga menjual produk velg asli brand Indonesia HSR Wheel dengan kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Produk Velg HSR Wheel hanya dijual di toko-toko cabang TKB Group Indonesia sebagai langkah untuk menjaga konsistensi terhadap mutu dan kualitas.

Selamat Anda Beruntung Mendapatkan Promo Terbaru dari HSR WheelAyo Langsung Isi Formulir Berikut Ini
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?