WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Jam Operasional 09.00 - 18.00
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?
6 Tips Persiapan Sebelum Berkendara

Mengendarai mobil tentu memberikan kenyaman sendiri bagi setiap orang. Selain anda terhindar dari udara panas dan hujan, anda juga dapat berbincang santai bersama sanak famili layaknya dirumah anda sendiri. Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Salah satunya adalah persiapan sebelum berkendara.

Persiapan-Sebelum-Berkendara

Persiapan Sebelum Berkendara

Beberapa orang selalu mempersiapkan mobil dari berbagai aspek, antara lain dari mesin, oli hingga radiator. Namun, mereka lupa untuk melihat hal lain yang memang sering luput pada saat akan mengemudikan mobil. Dimana hal-hal yang sering dilupakan ini ternyata dapat berpengaruh akan keselamatan pada saat berkendara. Jadi apa saja yang perlu diperhatikan sebagai persiapan sebeum berkendara? Mari kita lihat tips berikut;

  • Berputar Mengelilingi Mobil

360 inspection atau berputar mengelilingi mobil ternyata hal dasar yang perlu untuk diperhatikan sebelum Anda mengendarai mobil. Anda perlu berputar sekeliling mobil untuk mengecek semua bagian luar yang terlihat, seperti tekanan pada ban atau melihat adakah hewan yang bersembunyi pada mobil. Anda dapat mengelilingi mobil dari titik depan dan kembali ke titik yang sama.

  • Bersihkan Area Mengemudi

Anda harus mengecek semua area ini agar terhindar dari barang-barang yang dapat menganggu, seperti sepatu, sampah dan lain sebagainya. Usahakan area ini clear agar Anda mendapatkan kenyamanan pada saat mengemudi.

Hal paling penting dari membersihkan area mengemudi adalah melihat apakah bagian pedal gas dan rem terhalang sesuatu atau tidak, supaya keamanan dapat terjamin. Bersihkan juga bagian setir mobil dengan menggunakan tisu atau tisu basah agar bersih dari kuman dan debu.

  • Perhatikan Indikator Pada Dasbor

Setelah melakukan pengecekan dan membersihkan area mengemudi, Anda dapat menyalakan mesin mobil lalu melihat indikator yang ada. Dengan memperhatikan indikator ini, Anda dapat melihat bahan bakar yang tersisa, check engine atau juga temperatur mobil Anda. Jika temperatur mobil ternyata lebih panas dari yang seharusnya berarti radiator Anda perlu ditambah air dan Anda dapat mengisinya sebelum mulai berkendara.

  • Persiapkan Kaca Spion

Walaupun terkesan sepele ternyata mengecek spion ini sangat penting dan tidak boleh untuk Anda lewatkan. Mengecek spion sendiri bertujuan untuk melihat apakah kaca spion dapat memberikan refleksi yang jelas dan juga sudutnya sudah tepat dengan pandangan Anda. Memperhatikan kaca spion ini berperan sangat penting untuk mencegah kecelakaan pada saat Anda mengemudi mobil.

  • Cek Sekeliling Dan Kursi Bagian Belakang

Persiapan sebelum mengemudi mobil yang terakhir adalah cek sekeliling isi dalam mobil termasuk kursi bagian belakang. Hal ini untuk mengantisipasi apakah ada barang yang berbahaya atau yang menimbulkan bau tidak sedap yang bisa membuat Anda tidak berkonsentrasi pada saat berkendara. Selain itu, juga untuk mengecek apakah ada barang yang tertinggal dan juga untuk memastikan bahwa mobil sudah siap untuk dibawa melaju menemani keseharian Anda.

  • Cek Kondisi Ban Dan Tekanan Angin Dalam Ban

Ban merupakan hal vital bagi sebuah kendaraan. Terkadang anda sering melupakan dan sedikit kurang memperhatikan kondisi ban anda sebelum berpergian. Tak banyak yang harus anda lakukan dalam melakukan cek terhadap ban. Salah satunya adalah anda harus melihat kondisi kenampakan ban anda. Apakah ban anda masih tebal atau tidak.

Ketebalan karet ban akan sangat berpengaruh terhadap laju kendaraan. Semakin tipis ban yang anda gunakan untuk berpergian jarak jauh, maka akan semakin resiko kepecahan ban yang akan anda alami. Selain itu anda juga harus melakukan cek up terhadap tekanan angin di dalam ban anda. Tekanan angin akan mempengaruhi kenyamanan anda saat berkendara.

Demikian informasi yang kami berikan seputar persiapan sebelum mengemudi mobil. Jika anda sudah melakukan kiat yang kami berikan diatas. Kemungkinan besar kendala yang anda takutkan di jalan tidak akan terjadi. Namun kita tak akan pernah tahu hal-hal yang akan terjadi di jalan. Namun keselamatan di jalan harus anda lakukan seperti mematuhi rambu lalu lintas dan melaju pada kecepatan yang telah di tentukan.

Jika anda mengalami masalah seputar ban, angin dan velg. Anda tidak perlu khawatir. Toko velg dan ban cabang TKB Group selalu siap untuk membantu. Temukan alamat toko cabang TKB terdekat dengan kota Anda di sini.