Apa yang Dimaksud Spooring dan Balancing

Sangat dianjurkann bagi setiap pemilik mobil untuk melakukan hal tersebut dilakukan secara berkala. Untuk idealnya, spooring dan balancing dilakukan saat melakukan penggantian atau saat melakukan rotasi ban. Namun bisa juga dilakukan ketika dirasakan handling mobil terasa tidak stabil.

Spooring dan Balancing

Sebagai pemilik mobil, pasti memahami apa yang dimaksudkan spooring dan balancing. Bagi kamu yang belum terlalu memahami hal tersebut, disini kami akan coba sedikit menjelaskan.

  • Spooring

Spooring adalah, tindakan atau proses yang dilakukan dengan tujuan mengembalikan pada kondisi yang sesuai dengan settingan pabrik. Penggunaan mobil yang cukup lama bisa membuat setelan pada roda mobil akan berubah, terlebih dalam pemakaian sehari-hari sering melewati jalan yang rusak atau tanpa sengaja menghantam lubang dengan kecepatan yang cukup tinggi. Untuk mengembalikan settingan roda yang berubah tersebut maka dibutuhkan spooring.

  • Balancing

Sesuai dengan namanya, balancing merupakan tindakan atau proses yang bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan roda mobil. Untuk idealnya, balancing dilakukan setiap mengganti atau merotasi roda.

Setiap pabrikan mobil menganjurkan untuk melakukan spooring dan balancing setiap menempuh jarak pemakaian 20.000 km. Namun, bila intensitas pemakaian mobil terbilang cukup sering melalui jalan yang rusak dan berlubang, disarankan untuk melakukannya secara rutin setiap menempuh jarak pemakaian 10.000 km.

Gejala Mobil Perlu Melakukan Spooring dan Balancing

Selain melakukan perawatan rutin, spooring dan balancing juga dilakukan saat mobil mengalami gejala ini saat dikendarai;

  1. saat melaju dengan kecepatan tertentu, terasa getaran yang cukup keras pada setir atau kemudi

  2. Mobil yang dikendarai terasa seperti berjalan miring

  3. Ketika mobil melaju dalam keadaan lurus kedepan, terasa mobil seperti berbelok sendiri atau bergerak ke-arah tertentu

  4. Setir terasa lebih berat, bahkan lebih dominan ke salah satu arah kiri ataupun kanan

  5. Ke ausan dari alur atau kembangan ban yang tidak sama

  6. Saat mobil diparkirkan di tempat yang rata mobil terasa miring

  7. Terlihat posisi antara roda depan dan belakang tidak sejajar atau tidak lurus

  8. Saat berbelok ke arah tertentu merasakan ada goncangan

Dengan mengenali gejala kapan kita harus melakukan spooring dan balancing atau melakukan spoorng dan balancing secara berkala, manfaat utama yang bisa kamu dapatkan adalah merasa lebih nyaman dan aman ketika berkendara. Biaya yang diperlukan biasanya dipatok dengan harga 90 ribu sampai 150 ribu Rupiah untuk satu ban.

Gratis Balancing

Bagi pelanggan toko velg dan ban TKB Group Indonesia yang telah men-download TKB APPS, akan mendapatkan layanan GRATIS BALANCING yang berlaku disemua toko cabang TKB di Indonesia. Tidak hanya itu, TKB juga memberikan pelayanan gratis tambal ban tubeless dan juga isi nitrogen. Masih ada lagi, bagi kalian yang daerahnya belum ada toko cabang TKB terdekat bisa melakukan pembelian secara online tanpa dibebani lagi dengan biaya ongkos kirim atau GRATIS ONGKOS KIRIM keseluruh wilayah di Indonesia.

WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?