Apakah Perlu Menyiman APAR di Mobil?

Selain peralatan-peralatan seperti kunci-kunci dan ban serep, sebenarnya ada satu peralatan harus Haiser juga simpan di mobil, yaitu APAR. APAR adalah singkatan dari Alat Pemadam Api Ringan, yang bisa kamu gunakan saat ada percikan api di mobil yang bisa menyebabkan kebakaran.

Memang secara peraturan, mobil hanya diwajibkan untuk memiliki peralatan darurat seperti, toolkit, segitiga pengaman, dan ban serep atau ban cadangan. Namun, pada peraturan tersebut tidak ada ketentuan untuk menyimpan alat pemadam api ringan. Jadi, apakah perlu untuk menyimpan alat pemadam api ringan di dalam mobil?Tips Menyimpan APAR di Mobil

Ketahui Lebih dalam Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Mobil

Mampu Mencegah Mobil Terbakar

Alat pemadam api ringan bisa kamu gunakan sebagai alat pertolongan pertma saat terjadi kebakaran. Jadi dengan alat pemadam api ringan, diharapkan api tidak membesar dan merembet ke bagian lainnya. Berdasarkan hal tersebut, kamu perlu menyimpan alat pemadam api ringan di mobil sebab semua kendaraan memiliki resiko terbakar.

Mengapa kamu perlu menyimpan alat pemadam api ringan di mobil, karena mobil adalah sebuah benda yang tidak dilengkapi oleh sensor api. Jadi ketika mulai muncul percikan api dari mesin ataupun sistem kelistrikan, kamu bisa mencegah api membesar dengan menggunakan alat pemadam api ringan ini.

APAR Juga Memiliki Waktu Kadaluarsa

Ketika kamu mulai memutuskan untuk menyimpan alat pemada api ringan di mobil kesayangan, kamu juga perlu perhatikan kondisi dari alat pemadam api ringan tersebut, karena alat pemadam api ringan juga memiliki waktu kadaluarsa. Biasanya waktu kadaluarsa pada alat pemadam api ringan ini tertera pada stiker di bagian badan tabungnya.

Jadi ketika cairan dari alat pemadam api ringan sudah kadaluarsa, biasanya daya semprot dan cairan pemadamnya akan berkurang. Dengan menggunkan alat pemadam yang sudah kadaluarsa akan membuat sulit untuk dipadamkan.

Tips Menyimpan APAR di Mobil

Kemudian untuk menyimpannya di mobil, kamu bisa meletakkannya di bawa jok pengemudi atau penumpang depan. Kamu juga menyimpannya di bagasi mobil ataupun tempat lainnya yang penting alat pemadam tersebut mudah untuk dicari.

Memiliki APAR di dalam mobil merupakan suatu hal yang penting. Jadi mulai sekarang, kamu harus mulai melengkapi peralatan darurat. Jangan sampai ketika mobil kamu mengalami mulai muncul percikan api, kamu tidak bisa memadamkannya hanya karena tidak memiliki alat pemadam api ringan.

WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?