WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Jam Operasional 09.00 - 18.00
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?
Ban Tubeless – 3 Kelebihan dan Kekurangannya

Ban tubeless saat ini telah menjadi pilihan utama para pemilik kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat. Bahkan beberapa produsen mobil, tidak lagi menggunakan ban tubetype atau ban konvensional.

Ban Tubeless 3 Kelebihan dan Kekurangannya

Apa yang Dimaksud Ban Tubeless?

Barangkali istilah ban dengan type tubeless bukanlah hal baru yang Kamu dengar. Ban satu ini memang telah banyak digunakan dan bahkan juga dipakai oleh pabrikan kendaraan. Ban jenis ini merupakan ban yang tidak menggunakan ban dalam. Selain itu ban ini pun memiliki struktur yang lebih tebal dan lebih padat dibandingkan ban biasa. Agar lebih jelas, Kamu dapat menyimak kelebih dan kekurangannya.

Kelebihan

Kelebihan Ban Tubeless

Jika dilihat dari penjelasan di atas maka kelebihan ban jenis tubeless jika dibandingan dengan ban biasa atau tubetype dapat terlihat dari struktur karet bannya sendiri. Di samping itu, ban yang tidak menggunakan ban dalam ini juga memiliki keunggulan lainnya, diantarannya;

  • Ban Tidak Mudah Kempes Jika Terkena Paku

Kelebihan pertama yang dimiliki type tubeless ini adalah ban tidak akan mudah kempis apabila terkena ranjau paku. Umumnya ketika menggunakan ban biasa maka akan auto-kempis saat terkena ranjau paku. Namun hal ini tidak akan dialami oleh ban tanpa tube ini dengan catatan paku masih menempel di ban. Ketika ban Kamu terkena paku, maka sebaiknya segera bawa ban ke bengkel untuk di tambal.

  • Mampu Optimal dalam Bermanuver

Bagi Kamu yang ingin bermanuver dengan kendaraan kesayangan, maka ban jenis tubeless ini menjadi pilihan bijaknya. Ban ini diyakini memiliki cengkraman yang lebih kuat dan lebih stabil saat diajak bermanuver. Bahkan ban ini lebih sering menjadi pilihan para pemilik kendaraan sport yang notabene gemar memacu kendaraannya.

  • Mampu Beradaptasi dengan Jalanan Basah

Kelebih berikutnya dari ban jenis tubeless adalah mampu beradaptasi dengan baik pada jalanan basah. Jika dibandingkan dengan biasa (yang menggunakan ban dalam), ban dengan type tubeless ini dianggap lebih baik untuk digunakan di wilayah tropis dengan curah hujan tinggi. Pasalnya ban ini memiliki groove yang lebih dalam sehingga mampu mencengkram aspal lebih baik saat berkendara di tengah hujan.

Kekurangan

Selain memiliki beberapa kelebihan, ban type tubeless juga memilliki beberapa kekurangan, kekurangan tersebut diantarangan;

  • Tidak Cocok untuk Jalan Berbatu

Bagi Kamu yang tinggal di lingkungan dengan kondisi jalan belum rata atau berbatu, maka ban dengan type tubeless sangat tidak direkomendasikan untuk di pakai. Pasalnya penggunaan ban pada jalan berbatu akan memicu terjadi benturan yang keras pada velg. Benturan tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada velg, mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan parah.

  • Usia Pemakaian Lebih Pendek

Selanjutnya ban jenis tubeless ini juga dianggap memiliki usia pemakaian yang lebih pendek jika dibandingkan dengan ban biasa. Hal ini terjadi karena struktur pembuatan ban yang menggunakan jenis compound lunak, sehingga akan lebih mudah untuk tergerus. Biasanya pemakaian ban dengan type tubeless dapat berkisar 1,5 tahun.

  • Harganya Lebih Mahal Dibandingkan Ban Biasa

Kekurangan lainnya adalah harga yang relatif lebih mahal. Di pasaran kisaran harga ban type ini lebih mahal 30% sampai 50% dari jenis ban biasa. Namun hal itu sebanding pula dengan kualitas ban yang dimiliki.

Bagaimana sudah jelas sekarang tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki type ban ini? Harapannya informasi tadi dapat Kamu pertimbangkan ketika ingin menggunakan sebuah ban. Sebagai informasi tambahan, ban dengan type tubeless cenderung lebih baik digunakan untuk jenis velg racing dan bukan pada velg jari-jari. Hal ini dikarenakan pada velg jari-jari memiliki resiko kebocoran nitrogen.