10 Penyebab Kap Mesin Mobil Bergetar

Penyebab Kap Mesin Mobil Bergetar

Pernah kah haiser bingung terkait penyebab kap mesin mobil bergetar ketika mobil sedang berjalan? Ternyata hal tersebut dikarenakan banyak sebab yang terjadi. Lalu, apa barisan penyebabnya? Berikut bisa kamu simak selengkapnya di bawah ini :

Penyebab Kap Mesin Mobil Bergetar

1. Karet Kap Mesin Rusak

Penyebab kap mesin mobil bergetar yang pertama adalah berasal dari karet penahan kap mesin yang mungkin rusak. Fungsi utamanya sendiri untuk menahan getaran mesin ketika berjalan. Namun, karena mesin mobil panas, maka karet penahan ini dapat berubah bentuk. Hal ini lah yang membuatnya menjadi rusak dan menyebabkan kap mesin bergetar.

2. Dudukan Mesin Tidak Pas

Dudukan mesin pada mobil sudah didesain dengan bentuk yang sedemikian rupa agar memiliki ketahanan yang sangat kuat. Namun, apabila mobil mengalami guncangan yang cukup parah, maka ketahanan dudukan mesin pun bisa menurun. Dan akibatnya kap mesin mobil akan bergetar.

3. Setelan Mesin Salah

Pengaturan atau setelan mesin mobil yang tidak tepat juga memberikan efek getar yang tidak lazim. Untuk itulah kamu perlu memiliki bengkel langganan atau pilih saja bengkel resmi apabila ingin mengatur mesin mobil.

4. Shockbreaker Mobil Rusak

Shockbreaker sendiri berfungsi untuk menerima getaran yang dihasilkan oleh ban mobil selama perjalanan berlangsung. Namun apabila sudah rusak, kestabilan mobil pun akan ikut terpengaruh. Termasuk dengan munculnya getaran ketika mobil sedang dikendarai.

5. Piston Bermasalah

Piston yang posisinya ada di dalam mesin juga dapat memicu kap mesin mobil Haiser bergetar. Salah satunya adalah kondisi piston yang goyang. Tak hanya mobil yang dapat kehilangan tenaga, akan tetapi membuat kap mesin juga menjadi bergetar.

6. Velg Mobil Kropos

Setiap velg mobil memang memiliki ketahanannya masing-masing. Apabila kamu menggunakan velg mobil yang ketahanannya buruk, maka bisa jadi kondisinya sudah pecah ataupun keropos. Dan ketika kamu memacu mobil dengan kecepatan yang tinggi, maka kondisi velg mobil kemungkinan besar akan bengkok. Dan akhirnya berujung kap mobil menjadi bergetar. Maka dari itu, kamu perlu membeli velg mobil berkualitas agar mobil kesayangan dapat melaju kencang dengan aman.

7. Sistem Pengereman Aus

Sistem pengereman juga perlu dijaga dan tidak boleh dalam kondisi buruk seperti aus ataupun tidak pakem. Apabila hal tersebut terjadi, maka akan berefek getaran yang cukup hebat ketika kamu melakukan pengereman mendadak dengan kecepatan yang cukup tinggi.

8. As Roda Bermasalah

As roda yang sudah rusak ataupun aus juga dapat membuat putaran ban mobil menjadi tidak sempurna. Lama kelamaan, kap mesin akan bergetar dan membuat pengalaman berkendara menjadi tidak nyaman.

9. Kerusakan Propeller

Apabila kamu memiliki mobil dengan sistem penggerak roda belakang, maka kerusakan propeller dapat meghantui kamu sebagai pemilik mobil. Efek yang terjadi apabila propeller rusak akan membuat keseimbangan mobil menjadi tidak baik. Terlebih apabila mobil dipacu dengan kecepatan yang tinggi, begitu juga permasalahan lainnya muncul pada kap mesin yang akan bergetar.

10. Ban Mobil Benjol

Ban mobil benjol dan botak juga dapat membuat kap mesin mobil bergetar. Tak hanya getaran saja yang terjadi, namun keselamatan penumpang di dalam mobil juga akan terancam. Maka dari itu, segera ganti ban mobil kamu untuk mendapatkan kenyamanan yang maksimal ketika berkendara.

Dan itu dia 10 penyebab kap mesin mobil bergetar yang perlu kamu ketahui. Intinya adalah selalu menjaga kondisi mobil dengan melakukan perawatan. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan