Berita Otomotif

3 Alasan Modifikasi Setir Mobil Jangan Sembarangan

Modifikasi Setir Mobil – Modifikasi mobil saat ini memang menjadi sebuah kewajiban yang dilakukan ketika pemilik mobil merasa tampilan mobil kurang sedap dipandang. Berbagai ubahan bisa dilakukan, mulai dari sisi eksterior, interior, hingga performa mobil itu sendiri.

Salah satu komponen yang sering dilakukan penggantian adalah setir mobil. Namun, sebagai pemilik mobil kamu perlu mengetahui bahwa dengan mengganti setir mobil berarti harus siap dengan beberapa konsekuensinya. Sebut saja seperti berkurangnya tingkat kenyamanan hingga keselamatan mobil.

Dikutip melalui laman resmi Hyundai Indonesia, pemilik mobil perlu mengetahui beberapa konsekuensi yang akan ditanggung apabila setir mobil dilakukan penggantian. Hal ini menjadi alasan dari sebuah pabrikan mobil untuk tidak merekomendasikan penggantian komponen penting tersebut.

Alasan Modifikasi Setir Mobil Tidak Direkomendasikan

Untuk mengetahui alasan modifikasi setir mobil sangat tidak disarankan, maka simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. Ukuran Setir yang Berbeda Membuat Rasa Berkendara Berubah

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah ukuran setir mobil aftermarket memiliki perbedaan dengan setir asli bawaan pabrik. Ketika ukuran diameter kemudi berbeda, maka hal tersebut bisa memberikan rasa berkendara yang berbeda juga.

2. Keamanan dan Kenyamanan Dikorbankan

Bentuk dan konstruk dari sebuah setir bawaan pabrik sebelumnya sudah dihitung untuk faktor safety dan juga kenyamanan. Dengan kamu menggantinya, maka kamu telah mengorbankan kedua faktor tersebut.

3. Mengganggu Fungsi & Fitur

Hal terakhir yang perlu kamu ketahui adalah mobil memiliki kemungkinan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini dikarenakan mobil memiliki setir yang berbeda. Setir pada sebuah mobil tidak hanya berfungsi untuk membelokkan ban ke arah kiri dan kanan. Ada banyak sekali tombol yang terpasang dan berfungsi untuk mengatur berbagai informasi di MID dan juga sistem audio yang ada pada mobil.

Selain itu, kamu juga akan kehilangan salah satu sistem keamanan seperti airbag apabila kamu mengganti setir dengan yang tidak memiliki airbag. Hal ini tentu saja sangat berbahaya, karena tingkat keselamatan penumpang di dalam mobil akan secara otomatis berkurang. Begitu juga dengan cruise control , pengaturannya yang ada pada setir membuatnya akan kehilangan fungsinya.

Demikian penjelasan singkat kenapa pabrikan mobil tidak merekomendasikan modifikasi setir mobil. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

Apakah Velg Replika Aman Digunakan?

Velg merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran penting dalam meningkatkan performa kendaraan.… Selengkapnya

25 Mei 2022

Velg Mobil Panas Sebelah? Gini Solusinya!

Velg mobil panas merupakan sesuatu hal yang wajar namun jika panasnya terlalu berlebihan pertanda bahwa… Selengkapnya

25 Mei 2022

Alasan Busi Mobil Harus Diganti Secara Rutin

Busi merupakan komponen terpenting dalam sistem pengapian. Fungsi utamanya, yaitu untuk membakar campuran bensin dan… Selengkapnya

24 Mei 2022

Modifikasi Corolla DX Classic Retro

Corolla DX merupakan mobil sedan klasik yang masih dicari oleh kalangan anak muda. Mobil sedan… Selengkapnya

24 Mei 2022

Biaya Perawatan Mobil Matic vs Manual, Lebih Mahalan Mana?

Saat hendak membeli mobil baru, transmisi menjadi salah satu bahan pertimbangan. Alasannya karena akan mempengaruhi… Selengkapnya

23 Mei 2022

Bingung Cara Menghitung Penyusutan Harga Mobil? Begini Caranya!

Daya beli mobil semakin meningkat. Sekarang kamu dengan mudahnya memiliki satu unit mobil tanpa perlu… Selengkapnya

21 Mei 2022