3 Cara Mencegah Water Hammer pada Mobil

Mencegah Water Hammer

Water hammer adalah kondisi di mana mobil termasuki air dalam jumlah yang sangat banyak sehingga masuk ke dalam ruang pembakaran mesin. Air yang masuk dalam jumlah banyak ke ruang bakar tersebut tentu tidak bisa dikompresi layaknya bahan bakar minyak.

Apabila mobil sudah kemasukan air, maka sistem pembakaran mobil akan terganggu dan tidak maksimal lagi. Selain itu, air yang tidak bisa di kompresi itu juga akan menghambat kinerja piston dan dapat menyebabkan kerusakan mesin.

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadiya water hammer pada mobil. Water hammer sendiri bisa terjadi ketika pengemudi memaksa untuk menerobos dan melewati banjir yang cukup dalam.

Cara Mencegah Water Hammer

Kita sebagai pemilik mobil perlu mengetahui setinggi apa posisi saluran isap dari mobil, sehingga nantinya kamu bisa mengetahui apakah mobil mampu menerobos genangan atau tidak. Lalu, bagaimana cara mencegah untuk terjadinya water hammer ini? Simak ulasan lengkapnya berikut.

1. Hindari Jalan yang Tergenang Air

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya water hammer adalah hindari jalan yang terdapat genangan air. Dengan genangan air yang tinggi tentu akan membuat air bisa dengan mudah masuk ke intake mesin. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari jalan yang terdapat genangan air menengah hingga tinggi.

Apabila harus terpaksa melewatinya, maka cobalah untuk memilih jalur yang lebih dangkal agar air genangan tidak bisa masuk ke dalam mesin.

2. Hindari Air Arus Deras

Biasanya setelah hujan deras datang maka ada beberapa bagian jalan yang tergenang air dengan arus yang cukup deras. Maka ada baiknya untuk menghindari arus aliran air tersebut. Ada juga arus yang disebabkan oleh kendaraan besar ketika melintasi, maka hindari se-segera mungkin.

3. Pertahankan Kecepatan

Ketika kamu memang terpaksa untuk melintasi jalan yang banjir, maka usahakan untuk pertahankan kecepatan mobil pada saat melintasinya. Cobalah untuk menginjak pedal gas dengan stabil dan pastikan jalur yang dilalui cukup aman untuk mobil. Dengan menginjak gas dengan stabil itu akan meminimalisir air untuk masuk ke knalpot kendaraan.

Lalu, apa yang terjadi ketika mobil terlanjur terkena water hammer? Maka cara satu-satunya adalah dengan segera membawa mobil ke bengkel terdekat. Jangan sampai kerusakan tersebut merambat ke bagian mesin lainnya.

Demikian bagaimana cara mencegah water hammer pada mobil yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan