3 Jenis Wiper Mobil yang Perlu Diketahui

Jenis Wiper Mobil

Jenis Wiper Mobil – Wiper adalah salah satu komponen yang ada di dalam mobil yang sangat membantu pada saat kendaraan melewati jalanan yang sedang dilanda hujan. Berfungsi untuk membantu pandangan atau visibilitas dalam berkendara pada saat hujan, wiper ini menjadi satu-satunya komponen yang dapat membantu pengemudi untuk terus melaju.

Namun, ketika cuaca sedang panas, sering kali komponen ini diabaikan. Karena memang material wiper terbuat dari bahan rubber atau karet sebagai alat bantunya, maka kamu perlu memperhatikan kondisi karet agar tidak getas atau pun mengeras.

Jenis Wiper Mobil

Dilansir dari otoloka yang mengutip melalui laman resmi Hyundai Indonesia, secara general, wiper sendiri memiliki tiga jenis yang perlu dipahami. Yaitu wiper blade standard, frameless wiper blade, dan graphite coating wiper blade. Untuk mengetahui lebih jelasnya, silakan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

1. Wiper Blade Standard

Wiper jenis ini adalah wiper yang memiliki rangka terbuat dari besi. Dan untuk pisaunya sendiri masih terbuart dari karet atau rubber. Wiper ini memiliki kekurangan seperti seringnya terjadi korosi pada bagian framenya, sehingga tingkat kelenturan karetnya pun ikut terpengaruh.

2. Frameless Wiper Blade

Wiper kedua adalah jenis wiper yang lebih modern karena hadir dengan tanpa memiliki frame besi seperti pendahulunya. Walaupun tampil dengan lebih modern, wiper jenis ini masih memiliki kelemahan seperti daya sapunya yang tidak merata. Hal ini mungkin dikarenakan tidak adanya frame sebagai pegangan dari bilah karet tersebut.

3. Graphite Coating Wiper Blade

Jenis ini khusus digunakan pada kaca depan mobil yang telah mengadopsi water repellant. Dengan menggunakan wiper jenis graphite coating wiper blade ini, maka tidak akan menghapus lapisan water repellant yang ada.

Dan itu dia jenis-jenis wiper yang ada baiknya kamu ketahui fungsi dalam penggunaannya. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan