Berita Otomotif

3 Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes

Kenapa sih ban tubeless sering kempes? Padahal ketahanan dan kekuatannya cukup unggul dibandingkan ban biasa. Mungkin kamu pernah mengalami kejadian ini, sudah melakukan isi angin, tapi tiba-tiba ban mobil kempes kembali.

Ban tubeless memang memiliki kelebihan berupa kekuatan dan ketahanan ketika tertusuk benda tajam di jalan. Namun, tentu ada saja masalah yang sering dialami oleh pengguna kendaraan dengan ban tubeless ini. Untuk mengetahui penyebab ban tubeless sering kempes ini silakan simak selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes

1. Tekanan Angin Kurang

Penyebab pertama dari ban tubles yang sering kempes adalah karena tekanan angin yang berkurang. Hal ini biasa terjadi karena ban menggunakan udara bertekanan sebagai komponen utamanya. Udara bertekanan di dalam ban ini bisa menyusut apabila terjadi perubahan suhu.

Ketika suhu panas, udara akan memuai. Sebaliknya, ketika suhu dingin maka udara akan menyusut. Mobil yang sudah lama tidak digunakan akan mengalami hal ini. Dan hal inilah yang membuat ban tubles menjadi sering kempes.

2. Pentil Ban Bermasalah

Pentil ban yang terbuat dari karet ini bisa mengeras seiring dengan waktu berjalan. Hal ini menimbulkan keretakan di sekeliling pentil tersebut. Imbasnya, udara yang ada di dalam ban akan keluar dan menyebabkan kempes.

Permasalahan ini dimulai dari pentil ban yang tidak dipasang dengan baik. Padahal, tutup pentil berfungsi untuk melindungi katun ban agar tidak terkena kotoran debu. Apabila tidak tertutup dengan baik, maka akan menyebabkan kotoran masuk dan merusaknya.

3. Ban Tertusuk Benda Tajam yang Menempel

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal, ban tubeless memang bisa tahan dan kuat ketika tertusuk benda tajam. Namun, masalah akan datang ketika benda tajam tersebut tetap menempel dan tidak diketahui, maka kondisi ban kempes secara terus menerus bisa terjadi.

Walaupun kondisi ini dianggap bocor halus, namun jangan pernah menyepelakannya dan malah didiamkan saja. Ada baiknya benda tajam tersebut segera dilepaskan agar lubang kebocoran yang ada bisa diperbaiki.

Demikian penyebab ban tubeless sering kempes yang biasa terjadi. Ada baiknya selalu cek secara rutin kondisi ban mobil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

Simak Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Online!

Plat nomor kendaraan merupakan identitas bagi setiap pemilik kendaraan. Dengan adanya nomor polisi atau plat… Selengkapnya

7 Juli 2022

Ini Dia, Cara Ganti Plat Mobil 5 Tahunan & Biayanya!

Plat nomor atau nomor polisi merupakan suatu identitas atas kepemilikan dari suatu kendaraan. Fungsi utamanya… Selengkapnya

7 Juli 2022

6 Cara Beli Mobil Online Yang Perlu Kamu Tahu

Seiring berkembangnya teknologi, membeli mobil sudah dapat dilakukan secara online. Pembeli tidak perlu datang langsung… Selengkapnya

6 Juli 2022

5 Perbedaan Oli Motor dan Mobil, Simak Ya!

Pada dunia otomotif, oli mobil dan motor seringkali disamakan. Padahal kedua zat cair tersebut jelas-jelas… Selengkapnya

5 Juli 2022

5 Penyebab Mobil Terbakar Saat Parkir

Penyebab mobil terbakar terdiri dari berbagai faktor. Salah satu penyebabnya karena korsleting listrik. Misalnya karena… Selengkapnya

5 Juli 2022

Gimana Sih Tips Memilih Ban Mobil Agar Awet & Nyaman?

Tips memilih ban mobil yang sesuai dengan jenis kendaraan merupakan sesuatu yang penting. Hal ini… Selengkapnya

4 Juli 2022