3 Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih

Exhaust atau knalpot mobil yang keluar asap putih dan air memang tidak bisa didiamkan begitu saja, karena memang pada kondisi normal dengan mesin yang sangat sehat seharusnya gas yang keluar tidak berwarna sama sekali. Penyebab knalpot mobil keluar asap putih sendiri cukup banyak, untuk itu kamu perlu menyimak sampai selesai artikel kali ini.

Berbeda dengan mobil diesel yang memang mengeluarkan asap sedikit berwarna pekat, hal ini memang dikarenakan bahan bakar solar yang digunakan. Namun ketika mobil dengan bahan bakar bensin malah mengeluarkan asap putih + air yang tidak lazim, tentu saja hal tersebut menandakan adanya masalah.

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih

Lalu apa saja penyebab knalpot mobil keluar asap putih? Dilansir melalui laman resmi Auto2000, berikut 3 penyebabnya yang mungkin perlu kamu ketahui.

1. Oli Bocor

Apabila mobil kamu sudah mengeluarkan asap putih dari knalpotnya, maka kamu perlu hati-hati akan hal tersebut. Bisa jadi oli mobil yang tersisa sdah bocor masuk ke dalam ruang pembakaran. Dan inilah yang membuat asap putih tersebut bisa timbul secara otomatis dari knalpot mobil.

Ketika hal ini terjadi pada mobil kesayangan, maka jangan biarkan masalah ini terlalu lama. Semakin sering oli bocor, maka volume oli pasti akan menhalami penyusutan atau bahkan habis. Ini tentu akan membuat mobil kesayangan menjadi mogok saat digunakan, atau bisa sampai turun mesin.

Penyebab oli bocor sehingga masuk ke dalam ruang bakar bisa jadi karena gasket bocot, klep bocor, silinder mesin yang aus, hingga terdapat retakan pada dinding silinder.

2. Air Pendingin yang Bocor

Air pendingin yang bocor dan masuk ke ruang bakar atau sistem exhaust bisa menghasilkan asap putih. Kebocoran air pengingin ini bisa terjadi dikarenakan retaknya dinding dilinder. Efek buruk dari air pendingin yang bocor lainnya adalah suhu mesin menjadi naik juga. Tentu hal ini akan sangat merepotkan bagi pemilik mobil, maka dari itu ada baiknya segera membawa mobil ke bengkel kepercayaan untuk diperbaiki sesegera mungkin.

3. Ada Sisa Air di Knalpot

Knalpot mobil yang terpasang ternyata bisa membuat sebuah genangan air yang terperangkap di dalamnya. Apabila kondisi ini terjadi, maka tetesan air yang terperangkap ini bisa menguap dikarenakan gas buang hasil dari penguapan berbentuk asap yang sedikit berwarna putih. Dan untuk masalah ini biasanya hanya berlangsung sebentar saja.

Ketika genangan air di dalam knalpot sudah habis, maka asap putih pun akan hilang dengan sendirinya. Namun tetap saja hal ini cukup berbahaya bagi performa mobil. Harus segera ditangani secepatnya agar pembuangan pipa tidak cepat keropos.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan