Berita Otomotif

3 Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih

Exhaust atau knalpot mobil yang keluar asap putih dan air memang tidak bisa didiamkan begitu saja, karena memang pada kondisi normal dengan mesin yang sangat sehat seharusnya gas yang keluar tidak berwarna sama sekali. Penyebab knalpot mobil keluar asap putih sendiri cukup banyak, untuk itu kamu perlu menyimak sampai selesai artikel kali ini.

Berbeda dengan mobil diesel yang memang mengeluarkan asap sedikit berwarna pekat, hal ini memang dikarenakan bahan bakar solar yang digunakan. Namun ketika mobil dengan bahan bakar bensin malah mengeluarkan asap putih + air yang tidak lazim, tentu saja hal tersebut menandakan adanya masalah.

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih

Lalu apa saja penyebab knalpot mobil keluar asap putih? Dilansir melalui laman resmi Auto2000, berikut 3 penyebabnya yang mungkin perlu kamu ketahui.

1. Oli Bocor

Apabila mobil kamu sudah mengeluarkan asap putih dari knalpotnya, maka kamu perlu hati-hati akan hal tersebut. Bisa jadi oli mobil yang tersisa sdah bocor masuk ke dalam ruang pembakaran. Dan inilah yang membuat asap putih tersebut bisa timbul secara otomatis dari knalpot mobil.

Ketika hal ini terjadi pada mobil kesayangan, maka jangan biarkan masalah ini terlalu lama. Semakin sering oli bocor, maka volume oli pasti akan menhalami penyusutan atau bahkan habis. Ini tentu akan membuat mobil kesayangan menjadi mogok saat digunakan, atau bisa sampai turun mesin.

Penyebab oli bocor sehingga masuk ke dalam ruang bakar bisa jadi karena gasket bocot, klep bocor, silinder mesin yang aus, hingga terdapat retakan pada dinding silinder.

2. Air Pendingin yang Bocor

Air pendingin yang bocor dan masuk ke ruang bakar atau sistem exhaust bisa menghasilkan asap putih. Kebocoran air pengingin ini bisa terjadi dikarenakan retaknya dinding dilinder. Efek buruk dari air pendingin yang bocor lainnya adalah suhu mesin menjadi naik juga. Tentu hal ini akan sangat merepotkan bagi pemilik mobil, maka dari itu ada baiknya segera membawa mobil ke bengkel kepercayaan untuk diperbaiki sesegera mungkin.

3. Ada Sisa Air di Knalpot

Knalpot mobil yang terpasang ternyata bisa membuat sebuah genangan air yang terperangkap di dalamnya. Apabila kondisi ini terjadi, maka tetesan air yang terperangkap ini bisa menguap dikarenakan gas buang hasil dari penguapan berbentuk asap yang sedikit berwarna putih. Dan untuk masalah ini biasanya hanya berlangsung sebentar saja.

Ketika genangan air di dalam knalpot sudah habis, maka asap putih pun akan hilang dengan sendirinya. Namun tetap saja hal ini cukup berbahaya bagi performa mobil. Harus segera ditangani secepatnya agar pembuangan pipa tidak cepat keropos.

Artikel Terbaru

Begini Penyebab Kecelakaan Maut Di Balikpapan

Kecelakaan di Balikpapan. Akhir-akhir ini, kita sedang dihebohkan oleh berita mengenai kecelakaan maut yang terjadi di… Selengkapnya

28 Januari 2022

Cara Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet

Merawat Ban Mobil- Ban merupakan komponen terpenting untuk semua jenis kendaraan khususnya mobil. Bocornya ban… Selengkapnya

28 Januari 2022

Jual Aksesoris Mobil Terbaik & Berkualitas

Aksesoris Mobil. Bagi kamu yang memiliki kendaraan mobil dan suka berpergian jauh. Kamu wajib membeli… Selengkapnya

27 Januari 2022

Cara Membedakan Velg Original dan Replika

Velg Original - Bagi kamu pecinta otomotif, melakukan modifikasi kendaraan merupakan suatu kegemaran atau bahkan… Selengkapnya

27 Januari 2022

Tips Modifikasi Velg Mobil Agar Terlihat Keren

Tips Modifikasi Velg Mobil - Bagi kamu yang mempunyai kendaraan mobil. Kamu harus memperhatikan velg… Selengkapnya

26 Januari 2022

Jual Ban Mobil Terdekat di Jakarta Timur

Ban Mobil- Memiliki ban mobil yang berkualitas merupakan impian semua orang yang memiliki kendaraan mobil.… Selengkapnya

26 Januari 2022