Kategori: Tips Otomotif

3 Sebab Oli Mesin Mobil Berkurang Secara Tidak Wajar

Sebab Oli Mesin Mobil Berkurang – Selama penggunaan mobil untuk berkendara, oli mesin mobil memang bisa saja berkurang isinya. Namun ketika oli mesin mengalami pengurangan volume secara tidak wajar, maka kamu perlu segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebab hal tersebut dikhawatirkan adanya kerusakan pada bagian mesin itu sendiri.

Oli sendiri berfungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen di dalam mesin mobil. Karena perannya yang penting tersebut, maka volume oli pada mesin wajib sesuai standar pabrikan agar sistem pelumasan tetap maksimal. Tentu saja jik volume oli pada mesin berkurang atau tidak sesuai dengan anjuran pabrik maka akan menimbulkan bahaya.

Sebab Oli Mesin Mobil Berkurang Secara Tidak Wajar

Ketika kamu mengalami hal tersebut, maka ada 3 penyebab oli mesin mobil bisa berkurang secara tidak wajar. Untuk ulasannya bisa kamu simak di bawah ini :

Drain Plug Bocor

Drain plug sendiri memiliki fungsi untuk membuang oli dari dalam mesin. Komponen biasanya memiliki bentuk baut yang diulirkan ke bagian bawah carter dan juga dilengkapi dengan seal khusus untuk menjaga oli tidak merembes melewati celah ulir.

Seiring dengan bertambahnya usia mesin, hingga seringnya komponen mobil ini di bongkar dan pasang dalam kondisi suhu panas, maka memungkinkan komponen drain plug ini mengalami kerusakan. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan penggantian karet seal terlebih dahulu. Atau bisa langsung ganti saja drain plug dengan yang baru untuk mengembalikan fungsinya kembali secara normal.

Carter Atau Oil Pan Bocor

Komponen ini memiliki fungsi untuk menampung oli mesin yang akan digunakan sebagai pelumas untuk seluruh komponen di dalam mesin. Bentuknya mirip seperti bak yang dibaut bersama blok mesin dengan lapisan lem sealant. Dan area yang biasanya menjadi rembesan oli adalah sambungan tersebut.

Cara mengatasinya, kamu perlu melakukan pemasangan kembali oil pan tersebut dengan menggunakan pelapis sealant. Pastikan saat ingin memasang dengan lem baru, kamu sudah membersihkan semua sisa lem lama yang menempel. Menggunakan lem berkualitas baik juga sangat diperlukan untuk menunjang keawetan komponen.

Sebab Oli Mesin Mobil Berkurang : Oli Menguap

Ketika suhu mesin dalam kondisi yang sangat tinggi, maka oli mesin bisa saja menjadi menguap. Walaupun kasus ini jarang terjadi dan ditemukan, namun hal ini bisa saja terjadi. Masalah ini terjadi karena sistem pendingin mesin tidak berfungsi dengan maksimal sehingga mobil mengalami overheat.

Selain itu, masalah ini juga bisa terjadi karena mobil menggunakan oli yang berkualitas buruk. Untuk mengatasinya, kamu perlu pastikan sistem pendingin mesin berjalan dengan normal. Lalu ketika penggantian oli, pilihlah oli mesin yang berkualitas. Jika perlu, pilih oli yang memiliki kelebihan sebagai pendingin mesin dan tidak hanya sebagai pelumas.

Selain beberapa hal di atas, kebocoran oli mesin mobil juga bisa terjadi karena kerusakan pada seal klep, ring piston & silinder mesin aus, dan juga blok mesin retak.

Pos Terbaru

Cara Kerja Kopling Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Kerja Kopling Mobil - Untuk kamu yang memiliki sebuah mobil dengan sistem transmisi manual,… Read More

2 jam lalu

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV - Di Indonesia kini sedang ramai dengan persaingan antara mobil… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin - Saat ini, mobil sendiri terbagi atas dua tipe.… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Aki Kering dan Basah

Perbedaan Aki Kering dan Basah - Baterai atau aki yang terpasang pada sebuah mobil umumnya… Read More

3 hari lalu

Perbedaan Bea Dan Cukai yang Perlu Diketahui

Perbedaan Bea Dan Cukai - Nama bea cukai mungkin sering didengar oleh banyak orang, terlebih… Read More

3 hari lalu

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Hitam Dengan Benar

Bagaimana cara menghilangkan baret pada mobil hitam kamu? Timbul baret pada mobil yang memiliki warna… Read More

4 hari lalu