3 Tanda Tutup Radiator Rusak yang Wajib Diketahui

Tanda Tutup Radiator Rusak

Tanda Tutup Radiator Rusak – Fungsi tutup radiator ini bukan hanya menjadi penutup saja, namun juga dapat berfungsi penting untuk mengendalikan air yang ada di dalam radiator. Tutup ini sangat kuat untuk menahan air radiator, terutama ketika suhu & temperaturnya sudah meninggi. Tidak hanya itu, komponen ini juga sangat bertanggung jawab pada pendinginan suhu air radiator yang membawa panas dari mesin.

Hal itulah yang menyebabkan tutup radiator mulai rusak dan perlu segera dilakukan penggantian secepatnya. Lalu, apa saja tanda tutup radiator rusak?

Tanda Tutup Radiator Rusak 

Dikutip melalui laman resmi Auto2000, berikut adalah ciri tutup radiator rusak yang perlu segera kamu benahi.

Katup Vacuum Valve Hilang

Kehadirannya yang cukup penting pada sebuah sistem pendingin mesin, maka tanda utama tutup radiator mengalami kerusakan adalah mesin overheat atau terlalu panas. Ciri ini bisa dengan mudah kamu ketahui melalui pemeriksaan fisik kendaraan kamu. Cobalah untuk meraba bagian mesin mobil kamu, jika mesin terlalu panas, maka kamu patut curiga akan rusaknya tutup radiator mobil kamu.

Kerusakan yang terjadi pada tutup radiator ini dapat menyebabkan overheat dan biasanya berasal dari patah, pecah, atau hilangnya katup vacuum valve. Ketika suhu di dalam sistem pendinginan mulai panas dan juga tekanan mulai meningkar, maka vacuum valve akan segera menutup rapat saluran yang menuju ke reservoir tank sehingga air akan tertahan di dalam radiator dan juga mesin.

Sedangkan jika katup vacuum valve mengalami kerusakan. Maka tekanan di dalam radiator dan mesin akan menjadi tidak stabil dan tentu saja memicu overheat.

Karet Pada Katup Pressure Valve Pecah

Pressure valve merupakan komponen yang bertugas untuk menjaga tekanan yang ada di dalam saluran sistem pendingin agar kondisinya stabil dan juga seimbang. Apabila karet katup pressure valve mengalami kerusakan seperti pecah atau sobek, maka bisa jadi tutup radiator mobil mengalami kerusakan.

Hal ini dikarenakan adanya tekanan di dalam saluran sistem pendingin yang meningkat. Dan tekanan tersebut memiliki kekuatan yang melebihi kemampuan dari pegas pressure valve. Dan hal tersebut berakibat karet pada katup akan rusak dan juga mengakibatkan aliran air keluar dari pressure valve.

Reservoir Tank Radiator Selalu Penuh

Selain ciri fisik yang bisa dilihat, kamu juga dapat melakukan pemeriksaan kerusakan tutup radiator yang rusak melalui kondisi mesin dan juga jumlah cairan pendingin yang ada di dalamnya. Tanda tutup radiator rusak bisa dilihat adalah ketika reservoir tank radiator selalu penuh dengan air radiator.

Disamping itu, tanda lain yang bisa kamu ketahui adalah cairan pendingin di dalam radiator dan juga saluran pendingin mengalami pengurangan. Oleh karena itu, cobalah untuk cek tutup radiator ketika reservoir tank penuh hingga akan meluber.

Dan itu dia tanda tutup radiator rusak pada mobil yang bisa Anda ketahui, pahami seluruh tandanya agar bisa terhindar hal-hal yang tidak diinginkan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan