4 Fungsi Knalpot Mobil yang Jarang Diketahui

fungsi knalpot mobil

Fungsi Knalpot Mobil – Knalpot adalah salah satu komponen yang terpasang pada mobil dengan fungsi yang cukup penting. Sebagaimana diketahui, knalpot memang merupakan tempat pembuangan sisa hasil pembakaran. Namun banyak dari pemilik mobil belum mengetahui secara detail mengenai fungsi knalpot.

Knalpot mobil sendiri memang dirancang untuk dipasang sebagai saluran pembuangan residu hasil pembakaran. Nah residu ini nantinya dikeluarkan melalui knalpot dalam bentuk asap. Dikutip melalui laman resmi Auto2000, fungsi knalpot mobil sendiri ada banyak sekali dan berguna untuk mendukung kenyamanan berkendara.

Fungsi Knalpot Mobil yang Jarang Diketahui

Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak ulasan lengkap mengenai fungsi knalpot mobil di bawah ini.

1. Sebagai Peredam Suara

Proses pembakaran bahan bakar pada kendaraan memang menimbulkan suara yang bising dan dapat mengganggu kenyamanan berkendara. Suara bising ini terjadi karena udara bercampur dengan bahan bakar yang menyebabkan bunyi yang sangat berisik.

Fungsi knalpot dalam kondisi adalah dapat meredam suara berisik dari proses pembakaran tersebut. Jika terdapat mobil yang knalpotnya sengaja dilepas, maka sudah jelas suara bising akan terdengar dari kendaraan tersebut.

2. Sebagai Peningkat Performa

Fungsi knalpot mobil lainnya adalah sebagai salah satu peningkat tenaga mobil bersamaan dengan komponen mesin lainnya. Terlebih apabila knalpot didesain dengan pas dan sesuai dengan mesinnya, tenaga yang dihasilkan pun akan menjadi semakin besar.

Untuk beberapa kendaraan biasanya terpasang komponen bernama chamber di dalam mesinnya. Fungsi chamber ini adalah sebagai tempat sirkulasi gas yang masuk dan juga keluar dalam proses pembakaran. Jika knalpot disesuaikan dengan komponen ini, maka tenaga mesin yang dihasilkan pun dapat semakin meningkat sehingga mobil mampu melaju sangat kencang.

3. Dapat Menjaga Ambang Polutan Gas Buang

Mungkin akan muncul pertanyaan bagaimana kenalpot mobil dapat menjaga ambang polutan gas buang? Jawabannya adalah karena teknologi catalytic converter dalam knalpot tersebut. Catalytic converter merupakan teknologi yang berfungsi untuk mengubah dan mengkonversi zat karbon dalam residu pembakaran.

Perlu kamu ketahui juga, proses pembakaran dalam mesin ini menghasilkan zat karbondioksida yang menjadi sumber polusi lingkungan. Jadi, dengan adanya teknologi ini mampu membuat penggunaan kendaraan menjadi lebih efisien.

4. Mampu Mengurangi Bobot Mobil

Fungsi dari komponen pembuangan yang terakhir adalah mampu mengurangi bobot mobil itu sendiri. Hal ini bisa terjadi karena beberapa jenis knalpot menggunakan material yang ringan. Untuk dimensi ukuran knalpot juga berbeda-beda dan disesuaikan dengan bobot mobil.

Knalpot yang ringan mampu membuat mobil memiliki akselerasi yang baik. Handling kendaraan juga akan menjadi lebih baik apabila menggunakan knalpot yang sesuai dengan ukuran mobilnya. Dan dengan semua kesesuaian ini, mobil akan menjadi tidak terlalu berat pada saat dikendarai.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan