Kategori: Tips Otomotif

4 Manfaat Spooring pada Mobil

Spooring merupakan proses yang dilakukan untuk meluruskan kembali roda mobil menjadi seperti awal sesuai dengan setingan pabriknya. Spooring penting dilakukan bagi kamu yang yang memiliki kendaraan, apalagi jika kendaraan tersebut  sering digunakan sehari-hari. Sebab, kualitas mobil akan menurun seiring berjalannya waktu. Apalagi, jika kamu tidak rutin melakukan service pada kendaraan kamu. Oleh sebab itu, spooring sangat bermanfaat dalam menunjang kualitas mobil.

Apa Saja Manfaat Spooring pada Mobil?

Umumnya, spooring dilakukan untuk mengembalikan posisi ban mobil seperti semula. Selain itu dapat membuat ban depan dan belakang menjadi lebih seimbang. Beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan yaitu:

Mobil Berjalan Lurus

Spooring sangat berguna untuk membuat  sumbu simetri ban depan dan ban belakang menjadi lurus, sehingga posisi ban menjadi sejalan dengan arah kemudi. Sebab, mobil yang sering digunakan atau melewati hantaman jalan berlubang terkarang  bisa mengakibatkan mobil berjalan miring meski berada di jalanan lurus. Selain itu, ban sering bergerak ke arah tertentu tanpa dikendalikan oleh kemudi setir. Maka, hal ini sangat bermanfaat untuk membuat mobil tetap berjalan lurus.

Menyeimbangkan Kemudi Setir

Selain membuat mobil berjalan lurus, juga dapat menyeimbangkan posisi kemudi. Sebab, posisi kemudi terhubung dengan ban. Jika ada hal yang terjadi di ban, maka setir akan terasa berat ketika dikemudikan. Misalnya saja dalam keadaan ban kempes. Meluruskan roda mobil dapat membantu menyeimbangkan kemudi.

Membantu Mengurangi Guncangan

Spooring dapat membantu mengurangi guncangan dan menyeimbangkan sistem suspensi dan pergerakan roda saat mobil melewati guncangan saat di jalanan. Hal ini tentu saja dapat mengganggu kenyamanan dalam berkendara akibat sensasi bergetar atau limbung sangat terasa, apalagi jika kendaraan sedang berada pada kecepatan tinggi. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan trjadi kerusakan  pada sistem supensi yang menyebabkan roda mobil menjadi tidak stabil.

Memudahkan Saat Parkir

Ban mobil yang tidak seimbang akan menyulitkan kamu ketika parkir, sebab garis lurus parkir akan terlihat miring jika ban mobil kamu bermasalah. Hal ini bisa diatasi jika kamu melakukan spooring.

Pos Terbaru

Ketahui Fungsi Towing Bar Pada Mobil

Towing bar merupakan salah satu aksesoris atau perlengkapan menderek yang digunakan beberapa orang untuk pemilik… Read More

10 jam lalu

Jenis-Jenis Antena Mobil yang Beredar di Pasaran

Antena mobil digunakan untuk menangkap sinyal pada perangkat elektronik yang berada di dalam mobil, seperti… Read More

2 hari lalu

“Ingat Velg, Ingat HSR” Official Theme Song HSR Wheel

HSR Wheel telah meluncurkan official theme song-nya yang berjudul “Ingat Velg, Ingat HSR”. Lagu ini… Read More

3 hari lalu

Cairan Water Repellent, Bikin Kaca Mobil Lebih Jelas Saat Hujan

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting penunjang keselamatan saat berkendara. Sebab, hal ini sangat… Read More

4 hari lalu

Pakai Ban Beda Merek, Apakah Aman?

Ban adalah salah satu komponen yang perannya sangat penting dalam menunjang keselamatan. Maka, ban yang… Read More

5 hari lalu

Ingin Ganti Wiper? Perhatikan Dulu 4 Hal Ini

Wiper adalah komponen yang sangat penting dalam menunjang visibilitas pengemudi, apalagi ketika berkendara dalam cuaca… Read More

7 hari lalu