4 Penyebab Ban Mobil Benjol & Solusinya

Penyebab Ban Mobil Benjol

Ban mobil merupakan salah satu komponen terpenting dalam suatu kendaraan. Ban mobil yang bermasalah bisa membuat performa kendaraan menjadi tidak maksimal dan dapat membahayakan keselamatan pengendara. Oleh karenanya, penting sekali untuk mengecek kondisi ban mobil secara berkala.

Masalah ban mobil tidak hanya disebabkan karena ban mobil bocor terkena paku. Namun bisa disebabkan karena adanya benjolan pada permukaan ban mobil. Lantas apa saja penyebab ban mobil benjol ? Bagaimana solusi untuk mengatasi ban mobil yang benjol? Simak ulasan di bawah ini sampai habis ya sobat HSR Wheel!

Baca Juga: Apakah Ganti Ban Mobil Harus Sepasang Atau Bisa Satuan?

4 Penyebab Ban Mobil Benjol

1. Kekurangan atau Kelebihan Tekanan

Ban mobil yang kelebihan atau kekurangan tekanan apabila menabrak benda kasar bisa menimbulkan benjolan pada permukaan ban. Apabila kondisi ban mobil terlalu banyak tekanan membuat ban mobil terlalu kembung dan saat cuaca panas maka tekanannya akan semakin meningkat. Sehingga akan timbul benjolan jika tekanannya tidak dikurangi.

Sedangkan apabila tekanannya kurang membuat benda keras dengan mudahnya merusak benang pada samping ban mobil. Oleh karenanya, perlu sekali untuk mengecek kondisi ban mobil secara berkala.

2. Terlalu Sering Mengenai Benda Tajam

Ban mobil yang terlalu keseringan menghatam benda tajam bisa membuat permukaan ban mobil mengalami benjolan. Hal ini biasanya dialami oleh kendaraan yang berada di perkotaan. Karena jalanan di perkotaan biasanya dilalui truk yang membuat muatan seperti kerikil, skerup, beling, paku, dan lain sebagainya.

3. Terjadinya Perubahan Bentuk Ban

Bentuk ban mobil akab berubah karena adanya gesekan dengan permukaan aspal yang sangat pas. Hal ini mengakibatkan permukaan ban mobil terkikis secara perlahan. Sehingga bentuk ban mobil berubah.

Tidak hanya itu saja, perubahan ban mobil juga bisa disebabkan karena adanya tekanan angin pada ban mobil yang kelebihan muatan. Semakin bertambanya umur ban, akan membuat ban mobil tidak layak untuk digunakan dan memiliki potensi benjolan yang cukup besar.

Untuk mengatasinya dengan cara mengontrol muatan yang akan kamu bawa dan menghindari barang bawaan yang tidak perlu di bawa.

4. Adanya Kerusakan Suspensi

Ban mobil yang benjol juga dapat disebabkan karena rusaknya bagian suspensi. Sebab saat suspensi rusak akan membuat ban mobil bekerja lebih keras khususnya saat terkena trotoar atau benda yang tajam. Suspensi yang rusak jika dibiarkan terlalu lama akan membuat ban mobil mengalami benjolan

Saat kamu belum sempat untuk  memperbaiki suspensi, lebih baik untuk selalu mengemudi di jalanan yang rata dan pelan. Dengan begitu kalian juga mencegah kerusakan pada komponen lainnya.

Solusi Ban Mobil Benjol

Untuk mengatasi ban mobil benjol, bisa dengan mengendarai mobil secara perlahan sambil mencari bengkel terdekat atau apabila kamu membawa ban serep, kamu bisa menggantinya sendiri. Ban mobil yang benjol bisa dicegah dengah cara mengisi tekanan angin jangan terlalu berlebihan dan jangan terlalu banyak membawa muatan. Karena akan membuat ban mobil menjadi tidak seimbang. Selain itu, kamu juga bisa memilih ban mobil yang berkualitas agar resiko benjol dapat diminimalisir.

Baca Juga: Apakah Ukuran Ban Mobil Harus Sama Persis?

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan