4 Penyebab Mobil Boros BBM

Penyebab Mobil Boros

Penyebab Mobil Boros – Menghemat bahan bakar adalah salah satu hal yang paling utama untuk seseorang dalam memilih mobil untuk kebutuhan mobilitas sehari-harinya. Namun, walaupun mobil diklaim paling irit sekali pun bisa menjadi boros karena beberapa faktor.

Penyebab Mobil Boros BBM

Dikutp melalui laman resmi Hyundai Mobil, setidaknya terdapat 5 penyebab mobil boros bahan bakar minyak. Selengkapnya silakan simak di bawah ini.

1. Tekanan Angin Ban

Walaupun terlihat tidak mungkin, faktanya memang tekanan angin pada ban bisa memengaruhi konsumsi bahan bakar. Ketika tekanan angin ban di bawah dari rekomendasi pabrikan, maka hal tersebut akan menambah nilai resistensi gelinding ban. Hal ini yang membuat mesin harus bekerja lebih dari normal dan membuat bahan bakar menjadi boros.

Solusinya adalah dengan selalu melakukan pengcekan tekanan angin ban sebelum memulai berkendara. Ketika ban mobil terasa kurang angin, maka langsung sesuaikan agar kembali sesuai dengan standarnya kembali. Untuk mengetahui ukuran standar tekanan ban pada mobil, kamu bisa melihatnya di pilar pintu supir bagian depan.

2. Kondisi Jalan

Dalam nyatanya, kondisi jalan juga bisa menjadi penyebab mobil boros bahan bakar. Kondisi jalan perkotaan yang macet tentunya akan membuat mobil lebih sering bekerja walaupun dalam kondisi diam.

Selain kondisi jalan yang macet, jalanan menanjak pun bisa menjadi penyebab borosnya bahan bakar mobil. Hal ini dikarenakan mesin akan mengeluarkan tenaga ekstra agar bisa melalui medan jalan yang menanjak tersebut.

3. Gaya Mengemudi

Gaya berkendara seseorang dengan mobilnya adalah faktor utama penyebab mobil boros bahan bakar, sikap ini cenderung susah dirubah karena memang sudah terbiasa. Gaya mengemudi yang seruntulan, sering menginjnak pedal gas dengan dalam, hingga sering rem mendadak akan membuat konsumsi bbm menjadi lebih boros.

Untuk membuat konsumsi bbm menjadi hemat, ada baiknya saat mengemudi gunakan kecepatan yang stabil dan konstan. Lalu injak rem seperlunya saja, dan juga hindari menginjak pedal gas dengan dalam secara mendadak.

4. Beban Muatan Berlebih

Hal terakhir yang bisa menjadi penyebab mobil menjadi boros adalah karena muatan yang diangkut mobil berlebih. Membawa sebuah barang atau muatan yang berlebih ini akan membuat beban mesin untuk menjalankan mobil akan bertambah juga. Sehingga imbasnya adalah bahan bakar menjadi lebih cepat terkuras karena kinerja mesin yang meningkat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan