4 Penyebab Tangki Bahan Bakar Kotor dan Berkerak

tangki berkarat dan kotor

Tangki bahan bakar kotor dan berkerak kerap kali dialami oleh beberapa pemilik mobil. Apalagi jika mobil jarang digunakan saat pandemi berlangsung. Jika tangki kotor dan berkerak akan menjadi salah satu sumber penyakit untuk kesehatan mobil kamu.

Jika sudah begitu, injector bahan bakar juga akan kotor dan tersumbat menyebabkan mobil sulit untuk dinyalakan. Kotoran kecil yang masuk ke ruang bakar juga sangat mempengaruhi kinerja mesin. Mobil menjadi tidak bisa melakukan pembakaran sempurna dan akhirnyaa tenaga mobil menjadi loyo. Belum lagi mobil menjadi boros bahan bakar.

Tangki Bahan Bakar Kotor dan Berkerak

Apa Saja Penyebab Tangki Bahan Bakar Kotor dan Berkerak?

Ada beberapa penyabab yang membuat tangki bahan bakar kotor dan berkerak, yaitu:

Tidak Pernah Menguras Tangki

Menguras tangki penting untuk dilakukan secara rutin. Minimal lima tahun setelah pemakaian mobil baru. Sedangkan mobil lama yang digunakan berusia di atas tujuh tahun dianjurkan untuk menguras setiap satu atau dua tahun sekali.

Menguras tangki berfungsi untuk membersihkan kotoran dan plak yang menempel di tangki. Selain itu dapat bermanfaat untuk menghilangkan dan mencegah terjadinya senyawa baru dalam tangki dan menghilangkan sarang bakteri.

Tangki Bahan Bakar Kosong atau Tidak Pernah Isi Full Tank

Tangki bahan bakar yang volumenya tidak sampai seperempat dan dibiarkan lama akan menjadi pemicu timbulnya kotoran di tangki. Hal ini terjadi akibat udara yang di dalam tangki awalnya panas setelah mobil digunakan menjadi dingin karena tidak digunakan dan berubah menjadi embun. Pada saat itu juga terjadi reaksi antara unsur bahan bakar menjadi sebuah senyawa baru atau disebut sebagai endapan.

Meskipun endapan yang dihasilkan sedikit, tapi jika dibiarkan lama kelamaan tentu akan semakin banyak. Apalagi ditambah tangki mengalami karat atau korosi akibat tidak pernah mengisi bensin full tank, lalu partikel karat tersebut rontok atau jatuh ke tangki.

Mengisi Bahan Bakar di Waktu yang tidak Tepat

Saat mengisi bahan bakar, pastikan saat SPBU tidak dalam keadaan sedang mengisi bunker bahan bakar. Walaupun hal ini terlihat spele, tetapi dapat memberikan dampak buruk bagi tangki mobil kamu.

Sebab, bahan bakar yang diisi dari mobil pemasok ke bunker SPBU membuat kotoran atau endapan yang ada di dasar bunker menjadi naik ke permukaan. Partikel-partikel kecil itu melayang-layang di permukaan atau di dalam bahan bakar hingga beberapa waktu saat disalurkan ke tangki mobil kamu. Maka dianjurkan mengisi bahan bakar saat SPBU sudah sepi dari mobil pemasok.

Tidak Tepat Memilih Bahan Bakar

Pastikan kualitas bahan bakar mobil kamu sesuai dengan yang dianjurkan pabrikan atau memilih bahan bakar yang kualitasnya bagus. Sebab, bahan bakar yang bagus memiliki spesifikasi yang tidak akan merusak mesin dan komponen mobil kamu. Ada banyak mobil-mobil yang mengisi bahan bakar tidak sesuai dengan spesifikasinya, sehingga tak jarang juga mempengaruhi kinerja dan performa mesin.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan