Rambu Lalu Lintas yang Sering Ditemukan, Wajib Tahu!

Rambu Lalu Lintas

Rambu lalu lintas merupakan aturan-aturan yang diterapkan di jalan raya. Oleh sebab itu, sebagai pengendara yang baik, tentu wajib bagi kamu untuk mengetahui dan memahami fungsi dari tanda-tanda tersebut. Pengendara keren selain tampilan velg mobilnya yang mantap abis, juga taat aturan ya! Sebab, hal ini juga telah di atur oleh Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Apa Saja Rambu Lalu Lintas yang Wajib Diketahui?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rambu lalu lintas telah tercantum dalam undang-undang. Rambu ini bisa berupa lambang, angka, huruf, kalimat, hingga perpaduan dari semuanya. Fungsinya digunakan sebagai pemberi perintah, petunjuk, atau larangan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Rambu Peringatan

Rambu Lalu Lintas Peringatan

Pernah melihat rambu warna kuning saat di jalan? Itulah yang disebut dengan rambu peringatan. Fungsinya untuk memberikan peringatan tentang berbagai kondisi atau keadaan jalan yang akan dilewati, sehingga pengemudi dapat berhati-hati. Biasanya rambu peringatan berbentuk seperti layang-layang berwarna kuning dilengkapi dengan garis pinggir berwarna hitam. Contohnya, rambu berbentuk layangan warna kuning dengan gambar mobil di atas medan yang menanjak, artinya rambu tersebut memberi peringatan jika akan ada tanjakan beberapa meter di depan.

Rambu Larangan

Rambu Lalu Lintas Larangan

Rambu larangan ini merupakan teguran keras yang wajib dipatuhi secara tidak langsung. Kamu dapat menemukannya di beberapa titik lokasi tertentu. Biasanya rambu ini berbentuk lingkaran dengan warna dasar putih atau tulisan tertentu. Tepi lingkarannya diberi warna merah untuk menekankan bahwa hal ini merupakan larangan yang harus dipatuhi. Contohnya, larangan untuk tidak berhenti sampai jarak 15 meter dengan rambu berhuruf ā€œSā€ yang dicoret dengan garis berwarna merah.

Rambu Perintah

Rambu Lalu Lintas Perintah

Rambu perintah ditandai dengan rambu berlatar biru dengan tanda berwarna putih. Rambu ini berisi perintah untuk dilakukan oleh pengendara ataupun pengguna jalan. Contohnya, rambu dengan simbol pesawat, artinya kamu memasuki kawasan bandar udara.

Rambu Petunjuk

Rambu petunjuk berisi mengenai informasi yang ditujukan untuk memberitahu ada beberapa kejadian atau untuk memberitahu lokasi tertentu. Biasanya, rambu petunjuk berbentuk persegi panjang dengan latar berwarna biru disertai gambar putih ataupun hitam. Contohnya, terdapat petunjuk pemberitahuan jalan tol di depan dengan rambu persegi panjang berwarna biru dengan gambar jalanan di tengah berwarna putih.

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan