4 Tanda Karet Pintu Mobil Rusak yang Wajib Dipahami

Karwt Pintu Mobil

Karet Pintu Mobil – Karet adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan khususnya mobil. Fungsi karet mobil sendiri adalah untuk menutupi celah pintu mobil agar lebih rapat pada saat ditutup, biasanya karet ini melipisi sekeliling tepi pintu mobil. Lapisan karet ini tentu saja tak hanya berfungsi yang membuat kabin menjadi lebih kedap, melainkan berguna juga untuk mencegah air hujan, lumpur atau debu untuk masuk ke dalam mobil.

Karena fungsinya yang penting ini, maka apabila karet mobil rusak ada baiknya segera lakukan perbaikan atau bila perlu diganti menggunakan karet yang baru. Dilansir melalui laman resdmi Detik Oto yang mengutip dari Wuling Indonesia, setidaknya terdapat beberapa tanda karet mobil mulai rusak yang bisa kamu ketahui. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

Tanda Karet Pintu Mobil Rusak

1. Bentuk Karet Berubah

Pada saat kamu menyadari bahwa karet mobil mengalami perubahan bentuk, maka itu tandanya karet perlu dilakukan penggantian segera. Terlebih apabila bentuk karet sudah menjadi gepeng, tentu saja proses penggantian karet baru harus dilakukan. Jangan menunda-nunda apalagi mengabaikannya.

2. Kekedapan di Dalam Mobil Berkurang

Pada saat menutup pintu mobil dan kamu mendengarkan suara besi yang seakan beradu, maka ini menjadi pertanda bahwa karet mobil sudah dalam kondisi yang tidak layak pakai. Kondisi ini juga mengakibatkan kekedapan suara di dalam mobil menjadi berkurang. Ketika hal ini terjadi, maka saran terbaik adalah dengan mengganti karet mobil yang baru.

3. Karet Rusak

Apabila karet mobil dibiarkan alias diabaikan begitu saja ketika rusak, maka penumpang yang ada di dalam mobil tidak akan mendpatkan kenyamanan lagi pada saat berkendara. Terlebih pada saat hujan turun, air akan masuk ke dalam mobil sehingga menyebabkan bau apek yang sangat tidak nyaman.

4. Bunyi Seperti Siulan

Tanda karet mobil rusak yang terakhir adalah terdengar suara seperti siulan pada saat mobil jalan. Suara siulan ini dihasilkan oleh hembusan angin yang masuk ke dalam mobil melalui rongga-rongga karet yang rusak. Suara berisik ini akan terdengar ketika mobil dipacu dalam kecepatan yang cukup tinggi.

Demikian 4 tanda karet mobil rusak yang perlu kamu ketahui. Walaupun memang terlihat remeh, namun kehadiran komponen karet di pintu mobil ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk kenyamanan seluruh pennumpang. Jadi, apabila terdapat tanda-tanda kerusakan pada keret, ada baiknya segera lakukan penggantian dengan karet yang baru. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan