Kategori: Tips Otomotif

4 Tips Mencegah Baterai Aki Mobil Cepat Soak

Aki merupakan sebuah komponen penunjang kelistrikan yang sangat penting pada mobil. Maka, sudah menjadi sebuah keharusan bagi para pemilik mobil untuk menjaga daya baterai agar tetap terjaga dan tidak soak.

Namun, beberapa pemilik mobil tidak paham dan mengabaikan perawatan pada aki mobilnya, padahal aki mobil merupakan penyuplai energi listrik untuk menyalakan mesin kendaraan. Jika kondisi aki tidak baik, tentu saja mobil tidak dapat menyala. Selain itu, imbasnya bisa membuat umur baterai lebih singkat.

Bagaimana Caranya Mencegah Aki Mobil Cepat Soak?

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya aki mobil yang cepat soak, yaitu:

Matikan Beban Listrik

Saat akan menyalakan dan mematikan mesin, sebaiknya matikan terlebih dahulu semua beban listrik seperti AC, lampu, audio, dan lainnya agar beban baterai tidak menjadi terlalu berat.

Sebab saat kamu menyalakan mesin, starter mobil membutukan arus yang sangat besar dari aki. Oleh sebab itu, sebaiknya komponen lainnya dimatikan terlebih dahulu agar aki dapat menyuplai arus listrik secara optimal saat distarter.

Panaskan Mesin Mobil

Aki mobil bisa menjadi kering atau tidak terdapat daya listrik. Maka, kamu bisa mencegahnya dengan rutin memanaskan mesin mobil secara rutin dan teratur. Sekalipun kamu tidak menggunakan mobil tersebut, kamu harus menjaga agar aki tetap terisi.

Caranya dengan rajin memanaskan mesin kendaraan dengan tujuan untuk mengisi kembali tenaga pada aki agar tidak drop atau ngadat saat akan digunakan kembali. Tidak perlu lama-lama, cukup nyalakan atau panaskan mobil beberapa menit saja.

Menjaga Kondisi Terminal Aki

Menjaga kondisi terminal aki dilakukan untuk mencegah timbulnya karat atau kerak putih. Sebab jika dibiarkan, kerak atau karat ini dapat mempersingkat umur aki alias membuat aki cepat soak. Oleh sebab itu kamu harus memeriksa secara berkala kondisi terminal aki.

Jika sudah terlanjur terdapat karat dan kerak, kamu bisa membersihkannya dengan sikat kawat untuk membersihkan karat. Kemudian oleskan oli gemuk dengan terminal aki untuk mencegah karat. Sedangkan untuk membersihkan kerak putih, siram air panas agar kerak putih tersebut rontok.

Lakukan Service

Untuk membuat kualitas aki tetap terjaga, penting untuk melakukan servis secra rutin dan berkelanjutan. Sebab, saat service aka nada banyak pengecekan mulai dari kondisi terminal, jumlah elektrolit dan yang lainnya.

Pos Terbaru

3 Tips Merawat Bodi Mobil Selama PSBB

Tips Merawat Bodi Mobil - Pada tanggal 14 September 2020 kemarin, Pemerintah DKI Jakarta kembali… Read More

1 hari lalu

Kelebihan dan kekurangan Mobil Espass

Kelebihan dan kekurangan Mobil Espass - Mobil Daihatsu Espass ini adalah mobil yang masuk dalam… Read More

1 minggu lalu

Kenapa Ban Mobil Berisik Ketika Berbelok?

Ban Mobil Berisik - Pernahkah kamu ketika berkendara menggunakan mobil kesayangan tiba-tiba mobil kamu mengeluarkan… Read More

1 minggu lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik di Tahun 2020

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik - Seperti yang kita ketahui, dengan seiring perkembangan jaman yang… Read More

1 minggu lalu

3 Cara Bersihkan Kaca Mobil yang Jamuran

Cara Bersihkan Kaca Mobil yang Jamuran - Jarak pandang pengemudi mobil merupakan hal yang penting… Read More

1 minggu lalu

Kelebihan Kekurangan Mobil Toyota Rush yang Wajib Kamu Tahu

Kelebihan Kekurangan Mobil Toyota Rush - Mobil Toyota Rush adalah menjadi salah satu mobil SUV… Read More

1 minggu lalu