Mengemudi Aman Agar Terhindar Virus Corona, Ini Tipsnya!

Mengemudi aman

Mengemudi aman sangat dibutuhkan dalam situasi darurat virus, apalagi bagi sebagian orang yang mengharuskan pergi keluar rumah menggunakan kendaraan. Walaupun demikian, kamu tetap bisa melakukan upaya pencegahan saat mengemudi agar aman dan terhindar dari virus.

4 Tips Mengemudi Aman Agar Terhindar dari Virus Corona

mengemudi aman

Kamu bisa melakukan beberapa tips ini agar terhindar dari virus saat keluar rumah menggunakan kendaraan. Sebab, tidak menutup kemungkinan walaupun kamu berada di dalam mobil, bisa terkena paparan virus dari luar atau tempat lainnya. Berikut tips-tips yang dapat kamu lakukan.

Gunakan Masker

Saat berkendara menggunakan mobil, kamu memang terhindar dari debu di jalanan. Akan tetapi, pengemudi dan penumpang tetap harus menggunakan masker. Hal ini bertujuan agar orang-orang yang berada dalam satu kabin tetap aman dan terhindar dari penyebaran virus. Kamu bisa menggunakan masker kain jika sehat, dan masker khusus jika sedang sakit agar tidak menularkan dan ditularkan.

Batasi Kapasitas Mobil

Kapasitas penumpang di dalam mobil perlu dibatasi hingga mencapai 50% berdasarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Selain itu, penempatan duduknya pun wajib di atur. Misalnya, mobil dengan kapasitas penumpang 7 orang dibatasi menjadi 4 orang saja yang harus berada dalam mobil. Penempatan posisi duduknya pun di atur seperti, penumpang tidak boleh duduk di samping pengemudi, 2 orang di bagian tengah harus berjarak, dan 1 penumpang lagi di bagian belakang.

Membawa Hand Sanitazer

Jika berpergian keluar, sebaiknya membawa hand sanitazer untuk memastikan telapak tangan kamu tetap higienis. Hal ini juga bisa dilakukan untuk memutus penyebaran virus yang bisa terjadi kapanpun. Kamu bisa menggunakan hand sanitazer setelah memegang uang tunai atau handphone ketika berada di dalam mobil.

Gunakan Tisu Basah

Komponen mobil yang sering disentuh manusia sebaiknya dibersihkan secara rutin menggunakan tisu basah, hal ini dapat membantu mencegah penyebaran virus corona yang menetap dan menjaga interior mobil tetap terjaga walaupun kamu sedang berpergian. Sebab, penggunaan disinfektan yang digunakan untuk interior mobil tidak dianjurkan dan dapat merusak struktur yang tidak tahan terhadap alkohol.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan