Kategori: Tips Otomotif

4 Tips Merawat Mobil Sambil Ngabuburit

Tips Merawat Mobil Sambil Ngabuburit – Ramadhan adalah bulan yang memang penuh warna. Untuk Haiser yang muslim tentu saja bulan Ramadhan adalah bulan di mana penuh berkah yang sangat dinanti-nanti tiap tahunnya. Berbagai macam tradisi dan kebiasaan dalam beribadan pun mewarnai indahnya bulan Ramadhan, termasuk salah satunya adalah ngabuburit.

Ngabuburit adalah mengisi waktu luang menjelang adzan Maghrib. Dalam kondisi pandemi saat ini, mengisi waktu ngabuburit ada baiknya dengan cara yang aman saja. Salah satunya merawat mobil kesayangan agar selalu sehat dan bugar.

Tips Merawat Mobil Sambil Ngabuburit

Dikutip melalui laman resmi Auto2000, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan pada saat merawat mobil sambal ngabuburit.

1. Periksa Ada Noda Aspal atau Tidak

Mobil yang selalu digunakan di atas aspal jalanan bukan tidak mungkin bisa terkena cipratan dari aspal tersebut. Biasanya, cairan ini akan terlihat di area side skirt atau bumper bagian paling bawah. Bintik-bintik hitam noda aspal sering menempel di bagian tersebut, hal ini apabila dibiarkan bisa merusak tampilan mobil kesayangan kamu.

Nah, untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan cairan khusus seperti tar atau dengan cairan penetran. Jika hal tersebut tidak berpengaruh, maka gunakan bensin dengan kadar yang sangat sedikit sehingga tidak merusak lapisan cat mobil.

2. Cek Cairan yang Ada

Lakukan juga pengecekan cairan-cairan yang ada di dalam mobil. Buka kap mesin dan cek cairan yang ada satu persatu. Mulai dari oli mesin, minyak rem, wiper fluid, hingga air aki dan air radiator. Untuk itu kamu perlu menyiapkan persediaan cairan tersebut ketika melakukan pemeriksaan. Dan untuk oli mesin sendiri kamu hanya perlu mengeceknya dengan dipstick saja.

3. Periksa Alur Ban Mobil

Ban mobil adalah salah satu komponen yang wajib kamu periksa. Dalam hal ini cobalah periksa alur ban mobil yang terpasang. Karena biasanya, pada saat mobil melaju di jalanan bisa saja melindas kerikil yang tersangkur di alur ban.

Apabila kerikil atau benda asing lainnya tersangkut di alur ban, segera cungkil dengan menggunakan obeng minus. Dan sebagai finishing, kamu bisa melakukan semir ban tersebut untuk mengkilapkan ban dan tampil bersin.

4. Bersihkan Lantai Kabin

Setelah sisi luar mobil sudah diperiksa, sekarang saatnya memeriksa bagian interior mobil. Kamu bisa memulai dengan membersikan lantai kabin terlebih dahulu. Sebelum memulai membersihkan, ada baiknya persiapkan alat berupa sapu kecil dan juga pengkinya, lalu sikat, dan vacuum cleaner jika ada. Lepas seluruh karpet mobil yang terpasang dan mulai membersihkan hingga bersih.

Dan itu dia cara membersihkan mobil sembari mengisi waktu ngabuburit kamu di sore hari. Lakukan hal ini untuk membuat mobil kesayangan selalu dalam kondisi sehat dan bugar. Semoga bermanfaat.

Pos Terbaru

Manfaat Tune Up Untuk Mobil Kesayangan

Manfaat Tune Up - Merawat mobil memang harus dilakukan secara rutin oleh pemilik kendaraan, hal… Read More

24 Juni 2021

Cara Mengerem Mobil dengan Aman

Cara Mengerem Mobil - Pada saat mengendarai sebuah kendaraan khususnya mobil, sektor keamanan perlu sekali… Read More

24 Juni 2021

Apa Itu Gemuk dan Fungsinya pada kendaraan?

Apa Itu Gemuk - Untuk yang sudah paham otomotif atau dunia perbengkelan mungkin sudah tidak… Read More

23 Juni 2021

Apa Itu Pemutihan Pajak Kendaraan?

Sebagai warga negara yang baik, kita diwajibkan membayar kewajiban berupa pajak. Terutama bagi kamu yang… Read More

23 Juni 2021

Kenali Isyarat Lampu Kendaraan pada Truk & Bus

Isyarat Lampu Kendaraan - Keselamatan berkendara adalah hal utama yang harus diperhatikan oleh para pengguna… Read More

22 Juni 2021

Banyak Dicari, Berikut Harga Mobil Avanza 2019

Harga Mobil Avanza 2019 - Mobil bekas tahun muda memang selalu menjadi pilihan yang cukup… Read More

21 Juni 2021