5 Aksesoris Mobil Berbahaya yang Wajib Dihindari

Aksesoris Mobil Berbahaya – Mengendarai mobil adalah sesuatu hal yang perlu keseriusan yang tinggi. Maka dari itu, semua komponen di mobil perlu berfungsi dengan normal agar bisa mempermudah pengemudi. Ketika kamu ingin menggunakan aksesoris mobil tambahan, maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Walaupun memang ada beberapa aksesoris mobil yang dapat membantu penggunaan mobil, namun tidak sedikit juga ada aksesoris yang justru membahayakan. Ada beberapa jenis aksesoris berbahaya yang membahayakan pengemudi dan juga pengendara lain.

Daftar Aksesoris Mobil Berbahaya

Apa saja aksesoris tersebut? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

1. Cover Dasbor Berbulu

Pemilik mobil biasanya memiliki selera yang bermacam-macam. Tak sedikit yang ingin tampil beda dengan melakukan beberapa ubahan pada dasbor mobilnya. Mungkin hal ini biasa terjadi di kalangan wanita, yaitu memasang aksesoris cover dasbor mobil dengan aksen bulu-bulu.

Walaupun penggunaan cover dasbor jenis ini tidak ada yang melarang, namun kehadiran aksesoris ini bisa merefleksikan warna yang sangat cerah ke kaca depan. Tentu saja hal ini sangat berbahaya pada saat mengemudi.

2. Lampu Strobo dan Rotator

Penggunaan aksesosoris jenis ini sudah dilarang untuk digunakan pada mobil pribadi. Ada baiknya hindari penggunaan aksesoris ini agar tidak berurusan langsung dengan pihak yang berwajib di jalanan. Terlebih ketika kamu memasang aksesoris ini dengan sembarangan, maka bisa menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan di mobil kamu.

3. Hiasan Gantung Spion Tengah

Memberi sebuah hiasan yang diganting di spion tengan memang bisa menambahkan suasana baru pada kabin mobil, terlebih jika hiasan tersebut adalah sebuah benda favorit. Namun, ketika ukuran hiasan yang kamu gunakan terlalu besar, hal tersebut justru bisa membahayakan.

Jika ingin menggantung hiasan di spion tengah, maka pilihlah aksesoris yang tidak menutupi atau mengganggu pandangan ke depan ataupun belakang. Jangan sampai hiasan gantung yang terpasang juga mengganggu konsentrasi kamu ketika sedang mengemudi.

4. Lampu Warna-Warni

Di pasar aksesoris otomotif, kamu akan menemui banyak aksesoris lampu depan dengan cahaya warna-warni yang tidak sesuai dengan standar pabrik. Ada baiknya hindari penggunaan aksesoris jenis ini. Hal ini dikarenakan cahaya yang dihasilkan sangat silau dan dapat mengganggu penglihatan pengemudi dari arah berlawanan. Ketika hal tersebut terjadi, maka risiko kecelakaan akan semakin meningkat.

5. Pemutar Setir Satu Tangan

Kenop pemutar setir adalah aksesoris yang banyak disebut bisa meringankan pengemudi untuk mengendalikan mobil pada saat berkendara. Padahal, aksesoris jenis ini termasuk ke dalam golongan aksesoris yang cukup membahayakan.

Hal ini dikarenakan posisi tangan pengemudi harus selalu di posisi jam 9 dan 3 pada lingkar kemudi agar keamanan bisa terjamin.

Pos Terbaru

Manfaat Tune Up Untuk Mobil Kesayangan

Manfaat Tune Up - Merawat mobil memang harus dilakukan secara rutin oleh pemilik kendaraan, hal… Read More

24 Juni 2021

Cara Mengerem Mobil dengan Aman

Cara Mengerem Mobil - Pada saat mengendarai sebuah kendaraan khususnya mobil, sektor keamanan perlu sekali… Read More

24 Juni 2021

Apa Itu Gemuk dan Fungsinya pada kendaraan?

Apa Itu Gemuk - Untuk yang sudah paham otomotif atau dunia perbengkelan mungkin sudah tidak… Read More

23 Juni 2021

Apa Itu Pemutihan Pajak Kendaraan?

Sebagai warga negara yang baik, kita diwajibkan membayar kewajiban berupa pajak. Terutama bagi kamu yang… Read More

23 Juni 2021

Kenali Isyarat Lampu Kendaraan pada Truk & Bus

Isyarat Lampu Kendaraan - Keselamatan berkendara adalah hal utama yang harus diperhatikan oleh para pengguna… Read More

22 Juni 2021

Banyak Dicari, Berikut Harga Mobil Avanza 2019

Harga Mobil Avanza 2019 - Mobil bekas tahun muda memang selalu menjadi pilihan yang cukup… Read More

21 Juni 2021