Kategori: Tips Otomotif

5 Bahaya Menyimpan Hand Sanitazer di Mobil

Menyimpan hand sanitizer di mobil kerap kali dilakukan sebagai upaya pencegahan virus covid-19. Situasi pandemi seperti ini, membuat masyarakat harus ikut beradaptasi menjalankan kebiasaan baru atau new normal.

Masyarakat harus menjaga kebersihan mulai dari rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Akan tetapi, terkadang terbatasnya akses cuci tangan di berbagai tempat membuat beberapa orang harus menggunakan cara alternatif untuk tetap menjaga kebersihan tangan, salah satunya dengan membawa hand sanitizer di mobil saat akan berpergian.

Apa Saja Bahaya Menyimpan Hand Sanitazer di Dalam Mobil?

Beberapa orang sengaja menyimpan hand sanitizer di tempat-tempat tertentu, salah satunya di dalam mobil. Padahal, menyimpan hand sanitizer di mobil tidak dianjurkan karena bisa membahayakan. Apalagi jika dilakukan untuk jangka waktu yang lama.  Berikut beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan jika menyimpan hand sanitizer di mobil.

Mengurangi Kadar Efektivitas Hand Sanitazer

Meninggalkan hand sanitizer di dalam mobil dalam waktu lama ternyata bisa mengurangi kadar efektivitas bahan aktif yang berada di hand sanitizer. Mengapa demikian? Sebab hand sanitizer mangandung alcohol dan bahan aktif lain yang dapat menguap. Jika hal itu terjadi, dapat mengubah kadar konsetrasi tertentu dalam membunuh bakteri dan virus.

Menurut Dr Greg Boyce, Associate Proffor Florida Gold Cost University, tingkat konsentrasi untuk mendapatkan efektivitas sebesar 60%, dengan meninggalkannya terlalu lama di kabin mobil dengan suhu yang tidak menentu dapat membuat produk tersebut tidak efektif lagi. Seperti yang kita ketahui, suhu di kabin mobil biasanya berubah-ubah, apalagi jika suhu di kabin sedang meningkat. Hal ini akan memicu proses penguapan menjadi lebih cepat dan menurunkan kadar efektivitas produk tersebut.  

Membuat Iritasi Kulit

Seperti yang kita ketahui, hand sanitizer harus diletakan pada suhu yang telah dianjurkan. Jika produk tersebut diletakan dalam mobil dalam keadaan hangat akibat mobil berada di bawah terik matahari, maka bisa menyebabkan iritasi kulit saat digunakan.  

Walaupun pada beberapa kasus hand sanitizer dapat menyebabkan iritasi, tentu saja ditambah hal ini dapat menjadi pemicu lebih tinggi lagi untuk membuat iritasi. Sebaiknya pastikan kondisi produk yang kamu gunakan terjaga kualitasnya.

Merusak Interior Mobil

Bahan aktif hand sanitizer dapat merusak interior mobil akibat adanya keauasan yang disebabkan oleh menguapnya kandung etanol atau alcohol yang biasanya digunakan pada produk-produk hand sanitizer.

Bahkan, membersihkan interior mobil pun tidak dianjurkan menggunakan alcohol karena dapat merusak komponen mobil. Beberapa lapisan interior berbahan kulit atau vinil pun akan rusak jika dibersihkan menggunakan pembersih yang memiliki kadar alkohol.

Memicu Keracunan

Umumnya, aroma hand sanitizer sangat menyengat seperti kimia. Pewangi dari gel pembersih tangan kebanyakan menggunakan senyawa kimia sintetis yang disebut sebagai phtalte. Phtalte ini merupakan cairan yang tidak berbau yang digunakan sebagai pelarut yang baik pada gel pembersih tangan atau semprotan parfum, dan lainnya.

Jika hand sanitizer tidak tertutup rapat hingga aromanya menguap terus menerus, ditambah kondisi sirkulasi udara di mobil tidak baik. Maka dapat memicu keracunan dan berbagai macam penyakit seperti alergi, gangguan endokrin, hingga asma.

Hand Sanitazer Mudah Terbakar

Hand Sanitazer memiliki tingkat konsentrasi alkohol yang tinggi sehingga mudah terbakar jika di dalam mobil terdapat sumber api. Tetapi, produk ini tidak memicu kebakaran atau ledakan di dalam mobil jika hanya disimpan di suhu kabin yang tinggi.

Para ahli menjelaskan bahwa suhu di dalam sebuah mobil perlu mencapai di atas 300 derajat celcius untuk bisa membuat hand sanitizer terbakar. Selain itu, hand sanitizer dalam jumlah besar juga bisa terbakar, akan tetapi dengan estimasi lima gallon. Maka, cukup mustahil jika botol hand sanitizer yang kamu letakan menjadi pemicu ledakan di dalam mobil.

Walaupun demikian, kamu tetap harus berhati-hati jika menyimpan hand sanitizer di dalam mobil. Sebaiknya, letakan di kantung pakaian atau dalam tas agar aman dan terhindar dari bahaya menyimpan hand sanitazer di dalam mobil.

Pos Terbaru

3 Tips Merawat Bodi Mobil Selama PSBB

Tips Merawat Bodi Mobil - Pada tanggal 14 September 2020 kemarin, Pemerintah DKI Jakarta kembali… Read More

1 hari lalu

Kelebihan dan kekurangan Mobil Espass

Kelebihan dan kekurangan Mobil Espass - Mobil Daihatsu Espass ini adalah mobil yang masuk dalam… Read More

1 minggu lalu

Kenapa Ban Mobil Berisik Ketika Berbelok?

Ban Mobil Berisik - Pernahkah kamu ketika berkendara menggunakan mobil kesayangan tiba-tiba mobil kamu mengeluarkan… Read More

1 minggu lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik di Tahun 2020

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik - Seperti yang kita ketahui, dengan seiring perkembangan jaman yang… Read More

1 minggu lalu

3 Cara Bersihkan Kaca Mobil yang Jamuran

Cara Bersihkan Kaca Mobil yang Jamuran - Jarak pandang pengemudi mobil merupakan hal yang penting… Read More

1 minggu lalu

Kelebihan Kekurangan Mobil Toyota Rush yang Wajib Kamu Tahu

Kelebihan Kekurangan Mobil Toyota Rush - Mobil Toyota Rush adalah menjadi salah satu mobil SUV… Read More

1 minggu lalu