5 Cara Menghemat Bensin Mobil Manual Yang Ampuh

Cara Hemat Bensin Mobil Manual

Mobil manual terkenal lebih irit bensin daripada mobil matic. Meskipun lebih irit bensin, kamu juga harus bisa mengontrol konsumsi bensin pada mobil manualmu. Tujuannya agar pengeluaran yang biasa kamu gunakan untuk membeli bensin maka dapat kamu gunakan untuk beli membeli kebutuhan yang lain.

Pada artikel sebelumnya, HSR Wheel telah membahas mengenai cara menghemat BBM mobil matic. Sedangkan untuk artikel kali ini, HSR Wheel akan membahas mengenai cara menghemat bensin pada mobil manual. Berikut ini tips menghemat bensin mobil manual yang terbukti ampuh.

Baca Juga: Cara Menghemat Konsumsi Bensin Mobil Agar Lebih Irit

5 Cara Menghemat Bensin Mobil Manual

Menghemat bensin pada segala jenis kendaraan adalah hal yang terpenting terutama pada mobil manual. Berikut ini 5 tips cara menghemat bensin pada mobil manual:

1. Gunakan Tipe BBM Yang Sesuai

Sering gonta-ganti jenis bahan bakar ternyata mengakibatkan konsumsi BBM semakin meningkat. Apabila kamu menggunakan jenis BBM yang tidak tepat mengakibatkan mesin mobil akan semakin panas dan percepatan mobil menjadi semakin susah.

Tidak hanya itu saja, penggunaan BBM yang tidak tepat juga berdampak terhadap penumpukan sisa hasil pembakaran pada mesin mobil. Oleh karena itu, pilihlan jenis BBM yang memiliki kadar oktan sesuai dengan kebutuhan mobil manualmu.

Baca Juga: Dampak Mengisi BBM Tidak Sesuai Kompresi Mesin dan Oktan

2. Gunakan Gigi Yang Tepat Agar Hemat Bensin

Berbeda dengan mobil matic, untuk mengendarai mobil manual maka kamu harus mengontrol penggunaan gigi pada mobil manualmu. Tujuannya agar mobilmu dapat melangkah dengan penuh tenaga.

Jika kamu ingin lebih hemat dalam menggunakan bensin maka kamu bisa gunakan gigi ke 3, 4 dan 5. Karena gigi yang tinggi akan mengatur mesin untuk tetap melaju lebih ringan.  Sementara itu, kegunaan gigi 1 dan 2, yaitu untuk mengatur mesin agar bisa bekerja lebih berat. Akibatnya penggunaan konsumsi bensin menjadi lebih boros.

Apabila kamu sedang melaju di jalan tol maka kamu bisa memindahkan gigi mobil dari yang rendah ke yang tinggi agar mobilmu bisa meluncur lebih cepat dan lebih irit bensin. Namun, saat kamu menanjak maka kamu bisa mengubah gigi mobilmu agar tidak memakan banyak konsumsi bensin.

Baca Juga: 4 Gaya Mengemudi Mobil Manual yang Berimbas Boros BBM

3. Gunakan Oli Sintetis

Pada mobil manual, sebaiknya menggunakan oli sintetis karena akan menghemat konsumsi bensin sampai 5 persen.

4. Mengganti Filter Mobil

Untuk dapat menghemat konsumsi bensin pada mobil manualmu maka kamu harus mengganti saringan udara secara teratur. Tujuannya agar kinerja mesin menjadi lebih efisien dan menghemat konsumsi bensin mobil.

Baca Juga: Cara Ganti Filter Kabin Mobil Dengan Mudah

5. Hindari Penguapan Bensin Mobil

Salah satu cara menghemat konsumsi bensin pada mobil manual adalah dengan menempatkan mobil pada daerah yang sejuk. Hal ini akan membuat bensin mobilmu tidak menguap secara sia-sia. Ketika kamu meletakan mobil kamu pada daerah yang panas maka komponen dan tangki yang terbuat dari material indikator akan membuat bensin ikut panas.

Nah itu, dia cara menghemat bensin mobil manual. Kamu juga bisa baca mengenai cara menghemat BBM pada mobil matic.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan