5 Cara Menghilangkan Bau Kabin Mobil

Cara Menghilangkan Bau Kabin Mobil

Cara Menghilangkan Bau Kabin Mobil – Berkendara dengan kondisi kabin mobil yang bau memang sangat lah mengganggu kenyamanan sepanjang perjalanan. Bau di kabin ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari adanya sampah, ada cairan makanan yang tumpah, dan lain sebagainya.

Cara Menghilangkan Bau Kabin Mobil

Lalu, bagaimana cara mengatasi kabin mobil bau ini? Dikutip melalui medcom.id, berikut 6 cara ampuh untuk usir bau tak sedap di dalam kabin mobil.

1. Bersihkan Debu & Sampah

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bersihkan seluruh bagian yang menjadi sumber bau tidak sedap. Buang lah sampah yang ada di dalam kabin mobil, gunakan penyedot debu untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel. Gunakan vacuum yang berbentuk corong dengan ujung lancip untuk menjangkau suduh-sudut yang sulit dijangkau di dalam mobil.

2. Lap Permukaan Kabin Mobil

Gunakan lap yang memilik tekstur halus untuk membersihkan setiap permukaan plastik, kayu, kaca, dan juga logam di dalam mobil. Apabila tidak ingin menggunakan air hangat, gunakan campuran air dan deterjem ringan untuk membersihkan seluruh permukaan.

Untuk permukaan kaca, gunakan lah cairan pembersih khusus kaca. Dan untuk jok mobil dengan bahan kulit, ada baiknya gunakan cairan yang khusus untuk kulit juga.

3. Bersihkan Karpet Mobil

Kemudian kamu juga harus membersihkan setiap karpet pelapis untuk menghilangkan bau dengan maksimal. Keluarkan seluruh karpet mobil yang ada di dalam, bersihkan dengan cara disikat untuk karpet kain atau dengan air untuk karpet yang berbahan karet. Kemudian jemurlah karpet di bawah sinar matahari.

4. Pasang Air Purifier

Setelah kabin sudah bersih dari kotoran, debu, hingga sampah. Maka silakan pasang air purifier untuk menetralkan udara di dalam kabin. Air purifier bisa menyerap debu dan juga bau apek yang ada di dalam kabin lalu menyaringnya. Kemudian air purifier akan mengeluarkan udara yang segar.

Selain itu, alat ini juga bisa membunuh bakteri dan jamur yang ada di dalam mobil. Berbeda dengan AC yang bisa mengubah suhu udara di kabin mobil, air purifier hanya berfungsi untuk membersihkan dan mensterilkan udara saja.

5. Taburi Biji atau Bubuk Kopi

Terakhir, ketika kabin mobil masih memiliki bau yang kurang sedap setelah dibersihkan. Kamu bisa memanfaatkan bubuk kopi yang dipercaya bisa menetralkan bau di dalam ruangan. Caranya sendiri cukup wadahi bubuk kopi di mangkuk kecil, atau langsung taburi biji kopi di dalam kabin dan tinggalkan satu malam. Tidak hanya bau apek saja yang bisa dihilangkan, aroma kopi juga bisa menetralkan bau asap rokok dan bau makanan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan