5 Cara Merawat Ban Mobil Dengan Mudah

Cara Merawat Ban Mobil

Cara Merawat Ban Mobil – Untuk kamu yang memiliki sebuah kendaraan mobil, ban adalah salah satu komponen penting yang tidak boleh kamu abaikan kondisinya. Hal ini dikarenakan ban merupakan komponen di dalam mobil yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan. Apabila ban mobil kamu dalam kondisi yang tidak baik, maka akan ada banyak risiko yang akan kamu hadapi. Dan yang paling fatal adalah bisa menimbulkan kecelakaan yang tidak diinginkan.

Cara Merawat Ban Mobil

Dikutip melalui oto.detik.com, Aji Prima Barus Nurcahya, selaku Section Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), memberikan 5 cara merawat ban mobil dengan mudah dan agar tetap aman. Simak penjelasannya di bawah ini :

1. Jaga Tekanan Angin

Menjaga tekanan angin ban mobil adalah salah satu hal yang penting untuk kamu perhatikan. Kamu perlu melakukan pengecekan angin setidaknya satu minggu sekali untuk memastikan ban tidak kekurangan angin.

Pastikan tekanan angin sudah sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan. Kamu bisa mengecek spesifikasi tersebut pada pilar pengemudi, lakukan pengecekan terhadap ban mobil cadangan kamu. Dan untuk ban mobil cadangan, bisa kamu tambahkan sedikit lebih banyak dari spesifikasi yang ada. Setidaknya lebihkan hingga 5 psi saja.

2. Cek Kondisi Ban

Sebagai pemilik mobil, kamu juga perlu melakukan pengecekan terhadap kondisi ban. Cek ban mobil kamu apakah terdapat retak atau kerusakan yang mungkin akan membahayakan kamu saat berkendara. Adapun jika keretakan terjadi pada tapak ban kamu, maka ban mobil kemungkinan tidak akan aman untuk digunakan.

Terlebih apabila keretakan terjadi pada bagian samping ban, hal tersebut tentu akan sangat berbahaya. Apabila ini dibiarkan terlalu lama, maka bisa jadi ban akan pecah dan tentunya hal yang tak diinginkan dapat terjadi.

Selain mengecek adanya keretakan atau tidak, kamu juga perlu mengecek apakah ada benda asing yang menyelip di sela-sela kembang ban. Sebut saja seperti kerikil, atau bahkan paku. Karena memang apabila ada benda asing yang terselip terlalu lama akan membuat ban menjadi rusak.

3. Cegah Adanya Flat Spot

Biasanya, flat spot ini terjadi karena mobil terlalu lama di parkir dan mengakibatkan ban mobil hanya bertumpu pada satu sisi saja dalam waktu yang cukup lama. Jadi, ban nantinya akan terlihat kempes. Jika ini terjadi, maka aka nada efek saat digunakan seperti terjadinya vibrasi, getaran vertikal, dan hal tersebut tentu saja tidak nyaman.

Untuk mencegahnya, kamu perlu menjalankan mobil kamu setidaknya satu minggu sekali apabila mobil jarang digunakan. Hal ini diperlukan untuk menghindari flat spot datang.

4. Lakukan Rotasi Ban

Melakukan rotasi ban juga perlu kamu lakukan secara rutin, ada banyak pemilik mobil yang mengabaikan perawatan rutin ini. Padahal, rotasi ban ini dibutuhkan untuk meratakan tingkat keausan pada ban mobil.

Entah itu depan, belakang, ataupun ban serep bisa secara bersamaan aus dan tidak ada yang tertinggal. Setidaknya, lakukan rotasi ketika kamu ingin melakukan servis 10.000 kilometer di bengkel resmi.

5. Jaga Geometri Ban

Dengan seringnya pemakaian, posisi roda mungkin akan berubah dan bergeser sedikit. Dan hal ini tentu berdampak pada kenyamanan saat mengemudi. Ban juga akan cepat aus untuk salah satu sisinya. Maka dari itu, disarankan untuk menjaga juga geometri ban mobil kamu.

Untuk menjaganya, kamu bisa melakukan spooring dan juga balancing di tempat spooring terdekar dari kamu. Atau, kamu bisa langsung datang saja ke salah diler resmi HSR Wheel yang ada di seluruh Indonesia. Untuk harga spooring dan balancingnya sendiri cukup terjangkau dan murah tentunya. Untuk mengetahui alamat lengkapnya, silakan klik disini yah.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan