5 Cara Merawat Kaca Spion Mobil Agar Tidak Jamuran

merawat kaca spion mobil

5 Cara Merawat Kaca Spion Mobil Agar Tidak Jamuran- Sering kali kamu sebagai pemilik kendaraan lupa untuk membersihkan kaca spion mobil saat mencuci kendaraan. Tahukah kamu bahwa merawat kaca spion mobil itu sama pentingnya dengan merawat ban mobil. Karena kaca spion yang bersih akan menghindari kamu dari kecelakaan saat di jalan.

Mungkin kebanyakan dari kita hanya membersihkan kaca spion mobil dengan menggunakan sabun dan membilasnya dengan air bersih atau malah hanya dengan tissue saja. Namun, apakah benar cara perawatan kaca spion mobil begitu? Berikut akan kami ulas mengenai cara perawatan kaca spion mobil yang benar agar tidak jamuran. Yuk simak artikel di bawah ini!

Baca Juga: Modifikasi Mobil Alphard, Tetap Elegan!

5 Cara Merawat Kaca Spion Mobil

Merawat kaca spion mobil merupakan sesuatu yang sering para pemilik kendaraan lupakan. Sering kali, mereka membersihkannya jika kaca spion sudah kotor saja. Padahal hal itu akan membuat noda pada kaca spionmu menggumpal dan akibatnya kaca spion akan mudah jamuran. Berikut tips agar kaca spion mobilmu tidak jamuran.

1. Bersihkan Kaca Spion Menggunakan Kain Lembut, Sikat Gigi, & Spons

Mungkin dari kamu, sering kali membersihkan kaca spion mobil hanya dengan menggunakan kain perca atau bahkan tissue. Namun, cara perawatan seperti itu merupakan sesuatu yang salah. Untuk membersihkan kaca spion, sebaiknya kamu menggunakan kain lembut dan mudah menyerap air serta kotoran agar kaca spion mobil tidak tergores.

Selain itu kamu juga perlu membersihkan sela-sela spion yang sulit dijangkau dengan menggunakan sikat gigi. Namun, jangan kamu gunakan sikat gigi untuk membersihkan kaca spion mobilmu nanti malah akan membuat kaca spion mobil tergores.

2. Hindari Di bawah Sinar Matahari Secara Langsung

Usahakan jangan taruh mobilmu di bawah sinar matahari, apalagi setelah selesai membersihkan mobil. Apabila kamu menaruh mobil di bawah sinar matahari secata langsung setelah kamu mencucinya, maka bisa menyebabkan jamuran pada kaca spion. Karena cairan yang ditinggalkan akan menguap sangat cepat. Kondisi inilah yang akan membuat banyak noda yang menempel di kaca meski kamu telah membersihkan semuanya.

3. Jangan Membersihkan Dengan Air Biasa

Sering kali karena gugup dan kaca spion mobil kotor, kamu membersihkannya hanya menggunakan air biasa. Padahal hal ini akan menyebabkan kaca spion mobil rusak. Selain itu, hindari membersihkan kaca spion mobil menggunakan amonia karena dapat menyebabkan pengeringan.

4. Hindari Menyemprot Secara Langsung Ke Kaca Spion

Saat membersihkan kaca spion mobil, jangan sekali-kali kamu menyemprot spray langsung ke bagian kacanya karena akan menimbulkan bintik-bintik yang disebabkan spray yang mudah menguap. Sebaiknya, kamu menyemprotkan spray ke lap pembersih terlebih dahulu.

5. Gunakan Cairan Khusus Pembersih Kaca

Untuk membersihkan kaca spion mobil, sebaiknya kamu membeli cairan khusus pembersih kaca yang dijual diberbagai marketplace atau di toko service mobil terdekat di kotamu. Selain itu, kamu harus menggunakan kain lembut yang menyerap kotoran.

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan bagaimana cara membersihkan kaca spion agar tidak mudah jamuran.

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan