Berita Otomotif

5 Ciri Thermostat Mobil Rusak & Solusinya!

Thermostat merupakan salah satu komponen yang ada pada sistem pendingin kabin mobil. Fungsi thermostat  untuk mengatur sirkulasi udara dingin dengan cara menahan cairan pendingin sehingga cairan tersebut tidak masuk ke radiator. Selain itu juga berfungi untuk mempertahankan temperatur agar suhunya tetap pada temperatur dalam batas, untuk membuka saluran pada mesin yang akan menuju radiator.

Thermostat memiliki peran yang sangat penting untuk mengatur temperatur ruangan pada mobil. Oleh karenanya, apabila thermostat mobil rusak, akan membuat mesin mobil mengalami overheat. Hal inilah yang mendorong terjadinya kerusakan pada mesin. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengenali ciri-ciri thermostat mobil rusak dan bagaimana cara merawatnya agar tahan lama. Simak ulasan artikel di bawah ini sampai habis, ya!

Baca Juga: Mobil Overheating, Beginilah Cara Mengatasinya!

5 Ciri Thermostat Mobil Rusak

Thermostat terletak di antara radiator dan mesin. Sehingga sering disebut sebagai katup thermostat. Mengingat pentingnya peran thermostat pada keberlangsungan mesin mobil. Oleh karenanya, penting sekali untuk mengenali ciri-ciri thermostat mobil yang rusak. Berikut ini 5 ciri thermostat mobil rusak & solusinya:

1. Thermostat Mobil Dalam Keadaan Terbuka

Pada umumnya thermostat selalu dalam keadaan tertutup pada temperatur ruang. Namun, jika thermostat telah terbuka saat temperatur suhu masih dalam keadaan normal sekitar angka 30 derajat celcius, sudah dipastikan thermostat mobil mengalami kerusakan. Oleh karenanya, sebaiknya diganti segera mungkin. Apabila tidak segera diganti, akan mengakibatkan terjadi kerusakan pada mesin mobil.

2. Boros BBM

Thermostat mobil yang rusak juga bisa membuat konsumsi bahan bakar meningkat dua kali lipat dari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena suhu mesin mobil yang rendah membuat mesin membutuhkan banyak bahan bakar untuk bisa mengembalikan ke suhu normal.

Boros BBM membuat banyak pemilik kendaraan kesal dan marah karena pengeluaran setiap bulannya untuk konsumsi bahan bakar meningkat. Sehingga, memakan uang bulanan mereka. Oleh karenanya, apabila konsumsi mobil tidak seperti biasanya maka kamu wajib mengecek bagian thermostat karena bisa jadi bagian inilah yang mengakibatkan bahan bakar lebih boros.

3. Thermostat Macet

Ciri bahwa thermostat mobil mengalami kerusakan, yaitu thermostat yang mengalami kemacetan. Maksudnya, yaitu susah untuk membuka meski mesin telah menyentuh suhu sekitar 90 derajat celcius. Apabila thermostat mobil macet sudah dipastikan thermostat tersebut rusak. Thermostat yang macet akan membuat saluran air pada radiator tidak bisa mengalir.

Akibatnya mesin mengalami overheat dan membuat kabin mobil menjadi panas karena AC mobil yang tidak berfungsi dengan baik. Apabila kendaraanmu mengalami kejadian tersebut, segera periksa bagian thermostat ke bengkel mobil terpercaya di kotamu.

4. Mesin Mobil Mengalami Overheat

Fungsi thermostat salah satunya untuk mengatur suhu mobil agar tidak mengalami overheat pada mesin. Apabila thermostat rusak, otomatis mesin mobil akan mengalami overheat. Tanda mesin mobil mengalami overheat biasanya timbul asap yang keluar pada mesin saat mobil dioperasikan.

Tanda lainnya adalah suhu AC mobil tiba-tiba panas yang biasanya dingin dan warna oli mobil berubah menjadi warna kecoklatan. Jika kamu menemukan ciri-ciri di atas pada mobilmu, sudah bisa dipastikan thermostat rusak.

5. Kinerja Mesin Menjadi Lambat

Thermostat yang rusak biasanya akan terbuka pada suhu sekitar 30 derajat celsius. Namun, jika suhu telah mencapai angka 90 derajat celsius lebih dan tidak terbuka. Hal ini disebabkan karena sirkulasi pendingin atau water pump thermostat mengalami masalah.

Akibatnya kinerja mesin menjadi lambat. Contohnya, untuk menstabilkan suhu mobil membutuhkan waktu berjam-jam. Jika hal itu terjadi pada kendaraanmu, segera bawa kendaraanmu ke bengkel terdekat dan minta kepada montir untuk mengecek bagian thermostat serta mengganti dengan yang baru.

Cara Merawat Thermostat Agar Awet

Berikut ini cara merawat thermostat mobil agar tahan lama. Simak sampai habis ya!

1. Menguras Radiator Secara Berkala

Cara merawat thermostat bisa dengan menguras radiator secara berkala. Biasanya radiator dibersihkan apabila mobil telah menempuh jarak 40.000 km. Cara menguras radiator, yaitu dengan memasukan pendingin baru pada radiator mobil. Lakukan hal tersebut secara rutin saat mobil telah menempuh jarak kelipatan 40.000 KM. Dengan  begitu, thermostat akan awet.

2. Perhatikan Kualitas Water Coolant

Kualitas water coolant atau cairan pendingin yang cocok dengan jenis mobilmu akan membuat thermostat mobil lebih awet. Karena tidak semua water coolant cocok untuk suatu mobil tertentu. Sehingga, sebelum membeli cairan pendingin ini perlu untuk konsultasi dengan bengkel kepercayaanmu dan perlu juga untuk mensurvei terlebih dahulu apakah cairan pendingin ini cocok digunakan untuk mobilmu. Karena apabila tidak cocok maka dikhawatirkan malah akan merusak performa mesin. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati dalam memilih water coolant.

3. Ganti Tutup Radiator

Selain menguras radiator, ganti juga tutup radiator. Pada tutup radiator terdapat karet seal yang fungsinya untuk mengencangkan penutup radiator. Sehingga water coolant tidak akan merembas ke bagian lainnya. Karena jika itu terjadi bisa merusak kinerja mesin.

Oleh karenanya, gantilah tutup radiator setiap 4-5 tahun. Jika terlalu lama digunakan akan membuat seal pada tutup ini menurun. Sehingga penutup menjadi kendor dan cairan pendingin akan merembas pada komponen lainnya.

Baca Juga: Perlukah Memanaskan Mesin Mobil Setiap Hari & Butuh Berapa Lama?

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022