5 Hal Penting Ini Harus Kamu Ketahui Saat Mengendarai Mobil Matic!

mobil matic

Beberapa orang memilih berkendara menggunakan mobil matic lantaran tuas transmisi mobil matic lebih mudah dioperasikan daripada tuas transmisi manual. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan beberapa pengemudi wanita yang lebih memilih menggunakan mobil matic daripada manual.

Akan tetapi, walaupan terlihat mudah dioperasikan, ada beberapa hal penting yang harus kamu ketahui saat mengendarai mobil matic. Hal-hal di bawah ini sebaiknya kamu hindari demi kenyamanan dan keamanan. Berikur uraiannya di bawah ini.

mobil matic

Gunakan Posisi  Gigi yang Tepat Saat di Lampu Merah

Saat dilampu merah, pastikan menempatkan gigi pada posisi N (Netral). Sebab, banyak orang yang masih menginjak rem dengan posisi gigi D. Selain bisa membuat kaki pegal, hal ini juga dapat mempersingkat umur trasmisi mobil. Sebaiknya tempatkan gigi dalam posisi N apalagi jika berhenti di lampu merah dalam waktu yang cukup lama.

Ketahui arti huruf dan angka pada transmisi otomatis agar dipergunakan sesuai fungsinya, yaitu:

  • P, digunakan untuk parkir, saat akan menyalakan mesin, dan saat melepaskan kunci kontak
  • R, untuk mundur
  • N, posisi netral
  • D, berkendara normal atau dijalanan rata
  • 2, maksimum gigi ke-2 digunakan saat engine brake
  • 1 atau L, maksimum gigi ke-1 untuk menanjak atau turunan ekstrim

Jangan Mengerem Kendaraan Menggunakan Tuas Parkir

Hindari memindahkan gigi pada posisi P saat mobil belum memastikan mobil telah berhenti. Sebab, jika tidak hal ini dapat merusak transmisi dan mempersingkat umur penggunaannya. Seperti yang kita ketahui bahwa gigi posisi P hanya diperuntukan untuk parkir, menyalakan mesin, dan melepaskan kunci kontak.

Hindari Memindahkan Tuas dan Menginjak Gas Bersamaan

Saat akan memindahkan tuas gigi, pastikan tidak menginjak gas secara bersamaan. Sebab hal ini dapat merusak komponen transmisi dan juga sistem pada kopling mobil. Apalagi jika kamu memaksa kendaraan terus berjalan.

Pastikan Mobil Berhenti Saat Mengubah Posisi Transmisi

Saat akan mengganti transmisi pada mobil matic, pastikan mobil berhenti terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya poin  di atas. Hal ini berlaku bukan hanya saat melaju saja, melainkan saat hendak memundurkan mobil. Contohnya saat akan mundur, pastikan mobil berhenti terlebih dahulu saat akan menggesernya ke posisi Reverse atau R.

Jangan Menggunakan Transmisi Netral di Jalan Menurun

Saat berada di jalanan menurun, jangan sekali-kali memindahan transmisi mobil matic  pada posisi N atau netral. Hal ini hanya akan menjadi salah satu pemicu terjadinya kerusakan transmisi yang cukup parah. Untuk mobil modern, biasanya mesin mobil akan menyesuaikan secara otomatis dengan konsumsi bahan bakar, jadi tidak perlu mengganti gigi N atau bahkan mematikan mesin mobil yang malah membahayakan keselamatan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan