Kesalahan Berkendara Saat Hujan

Kesalahan Berkendara Saat Hujan

Kesalahan Berkendara Saat Hujan – Musim hujan telah tiba, berkendara menggunakan mobil di tengah guyuran hujan perlu konsentrasi yang lebih. Karena memang kondisi jalanan yang licin serta visibilitas berkendara yang sedikit terganggu akan membuat risiko terjadinya kecelakaan menjadi lebih besar.

Oleh karena itu, pengendara mobil juga perlu memiliki kondisi fisik yang prima dan juga kendaraan yang digunakan pun harus dalam kondisi maksimal. Ada beberapa kesalahan kecil yang dianggap sepele padahal bisa berakibat fatal dan hal-hal lainnya yang sebaiknya perlu dihindari. Berikut ini adalah kesalahan kecil yang harus dihindari yang bisa kamu simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

5 Kesalahan Berkendara Saat Hujan

Tidak Rutin Servis Mobil

Hal ini sederhana memang sering dilupakan, padahal rutin melakukan servis pada mobil adalah untuk memastikan seluruh komponen mobil dapat berfungsi dengan optimal. Salah satu komponen mobil yang perlu diberi perhatian khusus adalah ban mobil. Ban menjadi komponen yang sangat penting karena hanya ban satu-satunya komponen mobil yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan.

Oleh karena perannya yang penting tersebut membuat ban mobil harus selalu dalam kondisi maksimal dengan memastikan kondisi ban mulai dari tekanan angin, tapak ban, alur ban, dan juga dinding ban mobil yang berpotensi aus.

Selain ban mobil, periksa komponen mobil lain juga seperti lampu dan juga wiper, termasuk cairan pembersih kaca. Apabila lampu depan tidak berfungsi dengan baik, maka akan mengganggu pandangan pengemudi ketika sedang berkendara.

Tidak Mengukur Kemampuan Mobil

Mengemudi kendaraan mobil di medan jalan yang basah akibat hujan tidak bisa disamakan dengan mengemudi pada medan jalan yang kering. Sangat dianjurkan untuk mengurangi kecepatan mobil ketika sedang berkendara agar lebih mudah memantau kondisi sekitar dan juga mengendalikan mobil ketika melewati sebuah genangan.

Tidak Jaga Perilaku Berkendara

Ketika hujan sedang turun, maka kinerja komponen penting seperti rem dan juga ban akan mulai menurun. Jangan pernah terpancing emosi dengan membuat maneuver berbahaya di jalanan. Terlebih apabila kondisi jalan sedang macet. Perilaku ini tak hanya merugikan diri sendiri, melainkan banyak pihak.

Tidak Fokus Lewati Genangan Air

Menjaga fokus dan mengurangi kecepatan ketika melewati genangan air adalah hal yang cukup penting untuk dilakukan. Fokus terhadap kendaraan yang di depan dan jangan melakukan pengereman mendadak yang bisa membuat mobil kehilangan kendali. Jangan juga memainkan ponsel atau kegiatan lain yang mengganggu fokus ketika sedang berkendara.

Kesalahan Berkendara Saat Hujan : Mengaktifkan Lampu  Hazard

Lampu hazard sendiri digunakan ketika berhenti pada kondisi darurat. Seperti berhenti di bahu jalan tol karena ban mobil bocor.Ketika hujan, jangan nyalakan lampu hazard namun cukup nyalakan saja lampu senja ataupun fog lamp.

Atau apabila pandangan ketika mengemudi terbatas, kamu bisa mengaktifkan lampu utama mobil. Ketika lampu hazard dinyalakan saat hujan justru akan mengganggu pandangan pengemudi lain dan membuat bingung pengguna jalan lain. Maka dari itu penggunaan lampu hazard tidak semestinya sangat dilarang.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan