5 Penyebab Ban Mobil Aus dengan Cepat

Ban Mobil Aus

Ban Mobil Aus – Seperti yang diketahui, ban adalah komponen yang sangat penting yang ada pada sebuah kendaraan terutama mobil. Maka dari itu, para pemilik mobil wajib untuk merawat komponen ban ini secara rutin. Hal ini dikarenakan ban adalah satu-satu komponen mobil yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan.

Untuk perawatannya sendiri, kamu bisa memperhatikan dengan detail kondisi telapak ban mobil. Telapak ban mobil ini bisa mengalami keausan yang tidak merata, padahal ban masih layak pakai dan belum memasuki waktu penggantian.

Kondisi yang sering terjadi adalah bagian telapak ban mengalami aus di satu sisi tertentu saja, sementara sisi lainnya masih dalam kondisi baik. Keuasan yang tidak rata ini bisa membuat ban kehilangan daya cengkeram dan berakibat fatal saat berkendara.

Penyebab Ban Mobil Aus dengan Cepat

Lalu, apa penyebab ban mobil aus sebelah dan cara mengatasinya? Dikutip melalui laman resmi Auto2000, simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

1. Tekanan Ban Kurang

Perlu kamu ketahui, ban tidak hanya memiliki peras sebagai komponen penggerak kendaraan saja. Melainkan menjadi komponen yang menopang bobot mobil itu sendiri. Akibat tekanan udara yang tidak terjaga maka membuat ban mengalami defleksi berlebih serta bekerja lebih berat. Tapak ban juga ikut merasakan tekanan berlebihan tersebut sehingga membuatnya cepat aus. Maka ada baiknya lakukan pengecekan secara rutin untuk mengecek tekanan udara ban, minimal satu minggu sekali.

2. Karena Bawa Muatan Berlebih

Sama halnya seperti nomor satu. Ketika ban mengangkut beban yang berlebih, maka akan membuat ban menerima tekanan terlalu tinggi melebihi batas. Hal ini tentu sangat tidak disarankan, maka dari itu perhatikan muatan mobil sesuai dengan bobot yang disarankan pabrik pada buku manual kendaraan.

3. Lupa Spooring & Balancing

Fungsi spooring adalah untuk menyetel ulang kaki-kaki mobil setelah sekian lama digunakan, hal ini karena bisa membuat roda menjadi menyimpang akibat pergerakan pada komponen kaki-kaki. Efeknya tentu akan memengaruhi kinerja roda menjadi tidak seimbang dan ausnya tapak ban secara tidak merata.

Maka ada baiknya lakukan spooring dan balancing secara berkala di tempat yang menyediakannya. Kamu bisa mampir ke dealer resmi HSR Wheel untuk melakukan spooring dan balancing dengan harga sangat murah. Silakan buka halaman Dealer HSR Spooring & Balancing.

4. Tidak Rotasi Ban Mobil

Selain spooring dan balancing, kamu juga perlu melakukan rotasi ban. Rotasi ban ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan tingkat keausan di semua ban. Ketika rotasi ban, maka tapak ban yang menipis dana us akan merata di semua sisi. Ada baiknya rotasi ini dilakukan setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali.

5. Perilaku Berkendara

Gaya mengemudi yang agresif juga bisa menyebabkan tapak ban mobil menjadi aus, terlebih ketika sering menekan pedal gas dalam lalu mengerem secara mendadak. Termasuk pada saat menikung atau pindah jalur secara tiba-tiba sehingga membuat ban perlu kerja keras menjaga keseimbangan mobil.

Imbasnya adalah tapak ban akan lebih cepat aus dan berujung rusak sebelum waktunya. Maka dari itu, jagalah perilaku berkendara pada saat di jalan untuk mencegah terjadinya ban mobil aus dengan cepat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan