Kategori: Tips Otomotif

5 Penyebab Mobil Eropa Dibanderol Harga Tinggi

Pernahkah kamu berpikir mengapa mobil Eropa dibanderol dengan harga yang tinggi? Jika kamu perhatikan, dibanding dengan harga mobil Asia seperti Jepang ataupun Amerika Serikat, mobil Eropa memang memiliki harga jual  yang jauh lebih mahal. Selain itu, mobil-mobil mewah juga identik dengan mobil Eropa.

Ternyata dibalik harganya yang mahal, ada beberapa faktor dibaliknya yang membuat harga mobil Eropa dibanderol dengan harga yang tinggi. Selain disebabkan karena memiliki desainyang mewah, ada hal lainnya yang perlu kamu ketahui. Simak di bawah ini penyebab apa saja yang membuat mobil Eropa harganya mahal.

Reputasi Merek

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, mobil-mobil mewah sangat identik dengan mobil Eropa. Hal ini disebabkan karena reputasi merek mobil yang dimiliki brand Eropa  sangat kuat, seperti BMW, AUDI, Jaguar, Lincoln, Lexus, dan yang lainnya.

Mobil-mobil  Eropa yang terkenal mewah tentu saja versi premium, selain itu dikuatkan pula dengan reputasi merek mereka yang kuat. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mobil Eropa memiliki harga yang tinggi.

Material yang Digunakan

Pasti kamu sering mendengar bahwa mobil Eropa identik dengan mobilnya yang kuat. Ya, mobil Eropa memang terkenal menggunakan material yang berkualitas dalam pembuatannya. Diakui juga saat berkendara menggunakan mobil Eropa akan terasa sangat berbeda mulai dari suspensi hingga fitur-fitur yang disediakan.

Hal ini juga yang mempengaruhi harga jual mobil Eropa, sebab faktor ini juga yang menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki mobil Eropa karena tidak bisa disaingi oleh mobil Asia dan Amerika lainnya.

Nilai Mata Uang

Nilai mata uang sangat berpengaruh dengan harga jual di negera-negara non Eropa. Hal ini disebabkan karena fluktuasinya pun akan berpengaruh pada keuntungan pabrikan. Sehingga perusahaan mobil tidak bisa menentukan secara pasti berapa harga mobil karena nilai mata uang yang berbeda-beda untuk setiap negaranya di luar negeri. Hal ini juga berlaku untuk komponen utamanya karena tetap diproduksi di Eropa.

Pajak Kendaraan

Barang import yang masuk ke Indonesia memang dikenakan pajak. Hal ini telah ditetapkan oleh peraturan pemerintah terkaita Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penghasilan PPh pasal 22 impor, dan juga Pajak penjualan barang mewah (PPnBM).

Selain itu barang yang dibawa dari luar negeri pun wajib lapor pada pihak bea cukai agar legal saat digunakan di Indonesia. Bisa dibayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan hingga bisa digunakan di Indonesia. Hal ini juga yang menyebabkan mobil Eropa dikenal dengan harganya yang mahal.

Biaya Tenaga Kerja

Bagi beberapa negara, biaya tenaga kerja karyawannya mungkin bukan menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh, apalagi disana pekrjanya di bayar dengan perhitungan jam. Eropa memang berbeda, gaji pekerja pabrik mobil di Eropa cukup tinggi mengingat tak kurang dari 20 Euro per jam atau setara dengan Rp 3, 3 juta saat ini.  

Selain itu, di Jerman dinobatkan sebagai negara dengan gaji karyawan tertinggi di dunia. Gaji yang dibayarkan per jam 34,8 Euro atau Rp 800 ribu. Sehingga wajar sekali jika hal ini berpengaruh dengan harga mobil Eropa yang dibanderol dengan harga tinggi. Selain itu, semakin tinggi jabatan, pasti semakin tinggu juga gaji yang dibayarkan.

Pos Terbaru

Rem Mobil Berbunyi Saat Digunakan, Apa Penyebabnya?

Rem mobil yang berbunyi saat digunakan tentunya sangat mengganggu kenyamanan berkendara dan keselamatan  pengemudi dalam… Read More

12 jam lalu

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Bergetar Saat Berkendara

Mobil bergetar merupakan salah satu indikator adanya masalah pada mobil kesayangan kamu. Apalagi jika terjadi… Read More

18 jam lalu

Ini Dia Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar dan Berisik

Mobil dengan suara mesin  yang kasar dan berisik tentunya sangat mengganggu kenyamanan pengemudi dalam berkendara.… Read More

2 hari lalu

Speedometer Rusak? Ternyata Ini Penyebabnya!

Speedometer yang rusak kerap kali membuat pengemudi kesulitan untuk mengetahui informasi terkait indikator kendaraannya. Biasanya,… Read More

2 hari lalu

Begini Cara Memperbaiki Aki Kering yang Bermasalah

Aki mobil merupakan komponen yang sangat vital pada sebuah mobil. Aki ini memiliki fungsi sebagai… Read More

3 hari lalu

Ketahui 9 Macam Aliran Modifikasi Mobil

Aliran modifikasi di Indonesia semakin lama kian berkembang mengikuti arus zaman. Belakangan ini, sedikit banyak… Read More

4 hari lalu