Berita Otomotif

5 Penyebab Relay Lampu Mobil Panas

Penyebab Relay Lampu Mobil Panas – Di dalam sebuah mobil, terdiri dari sistem kelistrikan yang terdiri dari rangkaian yang cukup panjang. Ada berbagai komponen di dalam dengan fungsi yang berbeda-beda. Secara umum, hampir seluruh bagian rangkaian kelistrikan tersebut menggunakan sekring dan juga relay.

Cara memasang relay lampu mobil ini memang sebenarnya tidak mudah, terutama untuk rangkaian relay lampu yang belum tersusun. Sambungkan terlebih dahulu kabel relay dengan saklar agar lampu menyala dengan terang.

Namun, apabila daya listrik yang dibutuhkan begitu besar, ketika pemasangan lampu dilakukan maka akan ada beberapa masalah yang akan muncul dikemudian hati. Sebut saja salah satunya seperti relay lampu yang menjadi panas. Lalu, apa penyebab relay pada lampu mobil ini bisa menjadi panas?

Penyebab Relay Lampu Mobil Panas

Relay lampu mobil yang memiliki suhu sangat panas tentu saja tidaklah baik. Apabila hal tersebut terjadi pada mobil kamu, maka ada sebuah masalah yang terjadi di dalam rangkaian tersebut. Untuk mengetahui lebih dalam perihal penyebab relay menjadi sangat panas, berikut bisa kamu simak ulasannya di bawah ini :

1. Daya Lampu Terlalu Besar

Setiap bohlam lampu tentu saja memiliki daya yang berbeda-beda. Dan masing-masing mobil memiliki ukuran standarnya masing-masing dalam hal daya tersebut. Dan apabila kamu melakukan penggantian lampu mobil bawaan pabrik dengan lampu yang memiliki daya lebih besar, maka hal tersebut dapat menyebabkan relay lampu mobil menjadi panas.

Contohnya adalah dengan melakukan penggantian lampu mobil standar sebesar 55/60 watt dengan 90/100 watt. Hal tersebut sebenarnya dapat dilakukan, namun karena daya lampu yang jauh lebih besar, maka kamu perlu melakukan penggantian pada bebearapa komponen agar relay tidak menjadi panas.

2. Kualitas Relay Tidak Terlalu Baik

Relay sendiri memiliki banyak merek dan juga jenis, ada yang memiliki kualitas baik, kurang baik, hingga biasa saja. Kalo kamu memiliki relay yang berkualitas baik, maka tentu saja komponen ini tidak akan mengalami kerusakan untuk jangka waktu yang lama. Dan sebaliknya, apabila kualitas relay yang kamu miliki kurang baik, maka permasalahan seperti panas akan sering muncul.

Untuk mengetahui relay yang kamu miliki berkualitas baik atau tidak, kamu bisa memperhatikan dari bentuk fisiknya. Apabila relay terbuat dari bahan plastik yang tidak kokoh, bukan merek terkenal, dan harga yang terlalu murah. Maka kamu hanya tinggal menunggu waktu saja hingga mendapatkan sebuah masalah.

3. Ada Beban Berlebih pada Relay

Hal ini perlu diperhatikan sangat serius oleh pemilik kendaraan. Apabila ada penambahan beban relay yang dapat mengakibatkan arus listrik menjadi lebih besar. Makah al tersebut lama-lama akan mengakibatkan panas dan dapat membahayakan mobil yang kamu miliki.

4. Pemasangan yang Tidak Kencang

Pemasangan socket relay yang tidak kencang ataupun kendor juga bisa menjadi salah satu penyebab dari panasnya relat. Seluruh komponen kelistrikan yang terpasang di dalam mobil perlu dipasang dengan kencang dan tidak boleh longgar.

Ketika ada yang longgar satu saja, maka akan terjadi lonjakan arus listrik. Efek dari hal tersebut adalah naiknya panas dengan cepat dan akan merember ke seluruh relay.

5. Ukuran Kabel Relay Terlalu Besar

Kabel relay yang terlalu besar juga adalah salah satu penyebab masalah ini muncul, apabila terlalu kecil juga dpaat membahayakan mobil karena akan mengakibatkan kabel terbakar. Jangan berfikiran bahwa kabel yang besar sudah pasti aman. Aliran beban listrik tentu akan menjalar lebih besar, padahal relay dan juga sekring adalah komponen yang paling leman. Hal tersebut dikarenakan relay dan sekring perlu menahan beban aliran listrik yang terus mengalir.

Dan itu dia penyebab relay lampu mobil panas yang perlu kamu ketahui dengan seksama. Hal ini perlu diketahui agar mobil yang kamu miliki tidak mengalami permasalahan yang cukup serius ini. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022