5 Tanda Ban Mobil Perlu Diganti Segera!

Tanda Ban Mobil Perlu Diganti

Tanda Ban Mobil Perlu Diganti – Ban mobil adalah salah satu komponen mobil yang sangat penting. Kehadirannya dapat mempengaruhi kenyamanan dan juga keamanan penumpang di dalam mobil.  Kondisi kelayakan suatu ban memang harus sangat diperhatikan. Karena memang apabila ban yang terpasang dalam kondisi tidak layak, maka potensi kecelakaan juga akan semakin besar.

Tanda Ban Mobil Perlu Diganti Segera

Dikutip melalui Kumparan.com, Kepala Cabang Auto2000 Cikarang, Indah Yuliana, mengatakan, setidaknya terdapat 5 tanda yang bisa membantu pemilik mobil untuk mengetahui ban mobil yang digunakannya masih layak jalan atau tidak. Untuk mengetahui tanda-tanda tersebut, berikut bisa kamu simak di bawah ini :

Perhatikan Odometer

Indikator atau tanda pertama adalah dengan memperhatikan jarak tempuh mobil di odometer. Bagi mobil yang sudah melakukan perjalanan jarak jauh, maka sebaiknya segera melakukan pergantian ban dengan yang baru.

Menurut Indah, rata-rata 1 tahun itu mobil dapat menempuh jarak hingga 20 ribu kilometer. Berarti di atas 40 ribu kilometer, atau sudah memasuki tahun ketiga maka penggantian ban sudah dianjurkan. Jangka waktu tersebut menurut Indah adalah waktu yang tepat untuk durasi penggunaan sebuah ban. Bila tetap dipaksakan maka kondisi elastisitas karet ban akan mengalami penurunan.

Ketebalan Ban Sudah Menipis

Tanda berikutnya yang bisa menjadi sebuah indikasi ban masih layak digunakan atau tidak adalah dengan melihat batas ketebalan ban pada Thread Wear Indicator (TWI). Apabila kembang ban sudah mulai menipis dan mencapai 1 tanda (TWI), maka berarti ban wajib segera diganti dengan yang baru.

Ban yang sudah tipis akan berpotensi pecah ban kapan pun dan di mana pun. Terlebih jika ban mobil dalam kondisi yang panas.

Ban Mobil Gundul

Kondisi tapak ban juga bisa dijadikan sebuah tanda apakah ban mobil yang kamu gunakan masih layak atau tidak. Ban dengan kondisi tapak yang sudah gundul biasanya akan mengalami penurunan performa dalam cengkramannya. Yang tentu saja apabila itu terjadi dapat sangat berbahaya terutama ketika kondisi jalanan yang licin.

Gundulnya sendiri bisa bermacam-macam, tergantung dengan bagaimana pemakaiannya. Ada yang gundul dibagian luar, ada juga yang gundul di sissi dalamnya saja. Dua bagian tersebut sama bahayanya apabila dibiarkan begitu saja.

Ban Mobil Banyak Tambalan

Ban mobil yang sudah memiliki banyak tambalan ternyata menjadi sebuah tanda bahwa ban mobil tidak layak untuk digunakan. Hal tersebut dikarenakan ketika ban mobil sudah memiliki banyak tambalan, maka untuk performa akan mengalami penurunan yang berimbas pada keamanan pengguna.

Dinding Ban Mobil Banyak Goresan

Tanda terakhir yang tak kalah penting namun sering diabaikan adalah dinding ban mobil yang sudah mengalami banyak oresan. Ban dengan kondisi ini dinilai berbahaya jika digunakan secara terus menerus, terlebih dengan intensitas penggunaan mobil yang sangat tinggi.

Jadi, dengan mengetahui 5 tanda kelayakan ban mobil ini diharapkan para pemilik mobil lebih waspada dan memperhatikan ban mobil lagi. Sehingga potensi kecelakaan yang diakibatkan oleh ban mobil pecah juga dapat dihindari. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan