5 Tips Memilih Velg Bekas Berkualitas

Velg bekas kerap kali digunakan sebagai solusi alternatif bagi para pemilik mobil yang ingin mengganti velgnya namun terbatas oleh budget. Jika umumnya membeli velg harus mengeluarkan dana yang cukup tinggi, berbeda dengan velg bekas. Pasalnya, velg bekas memiliki harga yang jauh lebih murah dengan kualitas yang cukup bervariasi.  

Tak bisa dipungkiri, velg bekas hingga saat ini memang sudah memiliki market pasarnya tersendiri. Jenis velg bekas yang dijual pun cukup beragam mulai dari standar atau OEM, velg racing seperti celong dan tapak lebar, dan jenis lainnya. Namun, untuk mendapatkan velg bekas yang bagus dan berkualitas, ada hal-hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu. Berikut tips memilih velg bekas yang dapat kamu lakukan.

Pastikan Ukuran Velg dan PCD Sesuai

Saat hendak membeli velg mobil bekas, pastikan kamu tidak memilih ukuran diameter velg yang lebih besar 2 inci dari velg standar. Sebab hal ini dapat memicu terjadinya velg pecah saat mobil digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Kamu juga harus memastikan bahwa lubang baut atau PCD pada velg bekas masih sesuai dengan ukuran standarnya. Alangkah baiknya, hindari melakukan pembelian velg bekas yang sudah dimodifikasi karena jarak lubang bautnya sudah diubah oleh pemilik sebelumnya.

Selain itu, biasanya lubang lama pada velg tersebut ditutup dengan cara di cor. Penutupan lubang baut lama ini yang berisiko membahayakan karena material cor bisa saja tidak bisa menyatu secara kuat dengan material velg karena tidak dilakukan oleh profesional.

Periksa Bibir Velg

Untuk mendapatkan velg bekas yang berkualitas, kamu harus memeriksa bagian bibir velg untuk memastikan bahwa velg tidak pernah peyang, penyok, atau pecah. Sebab, ada banyak oknum penjual velg bekas yang melakukan rekondisi velg penyok atau peyang di tempat bubutan dengan modal biaya yang cukup murah. Kualitas atau ketahannya yang dimiliki velg rekondisi tersebut jelas saja sudah tidak mumpuni.

Selain dapat mengurangi tingkat kenyamanan dalam berkendara, velg bekas yang pernah peyang atau penyok tentu saja dapat membahayakan keselamatan kamu. Jangan sampai niat ingin membeli velg bekas karena harganya yang murah, malah merugikan akibat kurang teliti saat membelinya. Saat memeriksa, kamu bisa meletakan velg di atas kaca dan perhatikan apakah ada bagian yang bergelombang, guratan-guratan bekas rekondisi, dan yang lainnya. Sebab saat velg diletakan di atas kaca akan terlihat jelas celah-celah yang ada di velg.

Perhatikan Logo Velg

Mengecek logo velg juga penting dilakukan untuk mengetahui bahwa velg bekas memiliki indentitas yang jelas atau asli. Jika logo masih terlihat rapi dan tidak mengalami kerusakan yang signifikan, kamu bisa mempertimbangkan kualitas atau spesifikasi velg bekas tersebut.

Akan tetapi, jika ternyata pada logo embos velg terdapat kerusakan yang cukup dominan, kamu harus berhati-hati, sebab hal itu merupakan tanda atau ciri velg yang sudah pernah mengalami perbaikan atau reparasi.

Lihat Cat atau Warna Velg

Untuk mendapatkan velg berkualitas yang masih original, kamu bisa lihat cat atau warna velgnya. Jika velg krom, warnanya akan lebih mengkilap daripada krom polesan. Sebenarnya, sah-sah saja jika velg pernah di cat ulang, asal tidak banyak merubah kualitas velg bekas tersebut. Pasalnya, ada banyak oknum yang sengaja mengecat ulang velg untuk menutupi velg hasil rekondisinya.

Selain itu, kamu tentu tidak ingin kan mendapatkan velg yang sudah di cat ulang namun warna yang dihasilkan belang atau berbeda-beda? Maka kamu harus waspada dan teliti agar tidak menyesal di kemudian hari.

Membeli Velg Bekas Secara Online

Jika kamu membeli velg bekas secara online yang fisik velgnya tidak bisa dilihat secara langsung, pastikan kamu membeli di toko online yang terpercaya. Kamu bisa menanyakan beberapa hal, apakah velg sudah di repair, repaint, dan yang lainnya. Jika velg bekas sudah diperbaiki, tanyakan sejauh apa reparasi yang sudah dilakukan, hindari jika perbaikan akibat penyok.

Selain itu, pastikan kamu juga membeli velg bekas di website terpercaya seperti Bursa Velg Bekas TKB Group Indonesia. Tersedia banyak pilihan velg bekas yang berkualitas dari berbagai macam ukuran dan ring. Selain itu, komunikasi sangat mudah karena kamu bisa tanyakan langsung melalui whatsapp atau telepon langsung ke penjualnya. Jika kamu penasaran dengan velg bekas yang sudah kamu incar, kamu bisa melakukan transaksi secara COD dan datang langsung ke toko bersangkutan.

Pos Terbaru

Cara Kerja Kopling Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Kerja Kopling Mobil - Untuk kamu yang memiliki sebuah mobil dengan sistem transmisi manual,… Read More

1 jam lalu

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV - Di Indonesia kini sedang ramai dengan persaingan antara mobil… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin - Saat ini, mobil sendiri terbagi atas dua tipe.… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Aki Kering dan Basah

Perbedaan Aki Kering dan Basah - Baterai atau aki yang terpasang pada sebuah mobil umumnya… Read More

3 hari lalu

Perbedaan Bea Dan Cukai yang Perlu Diketahui

Perbedaan Bea Dan Cukai - Nama bea cukai mungkin sering didengar oleh banyak orang, terlebih… Read More

3 hari lalu

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Hitam Dengan Benar

Bagaimana cara menghilangkan baret pada mobil hitam kamu? Timbul baret pada mobil yang memiliki warna… Read More

4 hari lalu