5 Tips Merawat Jok Kulit Agar Tahan Lama

Tips Merawat Jok Kulit

Salah satu komponen yang sering dimodifikasi oleh pemilik mobil adalah jok. Berbagai macam material jok bisa dipasangkan, tidak hanya materialnya saja yang dimodif, biasanya bentuk dari jok mobil itu sendiri ikut dimodifikasi. Dan kebanyakan pemilik mobil memilih memodifikasi jok mereka dengan bahan material dari kulit. Selain tampak mewah, material kulit juga terkenal dengan kenyamanannya. Lalu, bagaimana tips merawat jok kulit agar bisa awet dan juga tahan lama?

Jok adalah salah satu penunjang kenyamanan yang terdapat pada mobil, kehadirannya sangat penting karena memang menjadi sebuah media tempat duduk bagi pengemudi maupun penumpang. Karena kegunaannya tersebutlah, para pemilik mobil banyak memodifikasi jok mobil mereka dengan tujuan untuk mencapai kenyamanan yang diinginkan.

Tips Merawat Jok Kulit

Material kulit pada jok memang sangat dikenal nyaman digunakan. Oleh karena itu banyak yang memilih bahan material ini untuk diaplikasikan pada jok mobilnya. Walaupun harganya memang tidak bisa dibilang murah, namun untuk mendapatkan kenyamanan yang lebih memang perlu sebuah pengorbanan. Bagi kamu yang sudah menggunakan material kulit pada jok mobilnya, kamu juga tentunya harus mengetahui bagaimana cara merawat jok kulit agar bisa bertahan lama. Untuk itu simak penjelasannya di bawah ini :

Vakum Jok

Sebelum kamu memulai perawatan pada jok mobil kamu , sebaiknya bersihkan dahulu jok mobil mu dengan cara divakum. Hal ini dilakukan agar debu dan juga partikel-partikel kecil yang ada pada jok bisa terangkat dan meminimalisir jok dari baretan.

Tips Merawat Jok Kulit : Gunakan Cairan Pembersih

Setelah jok sudah divakum, langkah selanjutnya adalah berikan cairan pembersih. Untuk cairan pembersihnya sendiri gunakan cairan yang dikhususkan untuk jok kulit agar kualitasnya tetap terjaga. Cara menggunakannya, kamu cukup menyemprotkan cairan pembersih tersebut ke arah jok. Lalu sikat dengan kuas halus agar cairannya dapat bekerja secara maksimal.

Proses Pengeringan

Setelah itu kamu keringkan jok dengan menggunakan lap microfiber guna mencegah baret halus. Dan juga sebaiknya jok didiamkan terlebih dahulu selama 1 hingga 24 jam untuk memastikan jok benar-benar kering.

Lindungi Jok

Setelah dipastikan kering, kamu perlu memberikan perlindungan pada jok dengan menggunakan produk perlindungan jok kulit yang tersedia di salon ataupun bengkel aksesoris mobil. Aplikasikan dengan lap microfiber secara merata.

Proses Pengeringan Kedua

Setelah sudah dipoles dengan cairan pelindung jok, maka selanjutnya adalah mengeringkannya kembali dengan lap microfiber yang baru. Dan selesai.

Itu dia beberapa tips merawat jok kulit yang bisa kamu ikuti untuk memberi perawatan pada jok mobil kamu agar awet dan juga tahan lama.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan