5 Tips Mudah Merawat Mesin Diesel

Tips Merawat Mesin Diesel

Kebanyakan masyarakat di Indonesia memang masih mengincar mobil yang menggunakan mesin diesel. Selain karena lebih irit dari mobil yang menggunakan bensin, mobil dengan mesin diesel dikenal dengan mesinnya yang tangguh dan bandel. Untuk itu kamu perlu mengetahui tips merawat mesin diesel dengan mudah.

Mesin yang menggunakan bahan bakar solar memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan mesin yang menggunakan bensin. Sebut saja seperti lebih irit dalam konsumsi bahan bakar, efisiensi panas yang lebih besar, torsi yang dikeluarkan lebih besar. Dan mobil dengan mesin diesel juga dikenal lebih tahan lama dan awet dibandingkan dengan mobil yang menggunakan mesin bensin.

Tips Merawat Mesin Diesel

Walaupun memiliki mesin yang tangguh dan juga bandel, namun tetap harus mendapatkan perawatan secara berkala di bengkel resmi agar ketahanannya tetap terjaga dengan baik. Untuk membantu perawatan mesin, kamu bisa mencoba 5 tips merawat mesin diesel berikut ini yang bisa kamu simak di bawah ini:

Panaskan Sebelum Digunakan

Sebelum menggunakan mobil ketika ingin pergi, kamu perlu memanaskan mesin mobil dahulu sekitar 5-10 menit agar oli dapat bersikulasi dan melumasi komponen di dalam mesin.

Tips Merawat Mesin Diesel : Pilih Oli yang Tepat

Dalam hal memilih oli yang tepat juga bisa membantu untuk merawat mobil dengan mesin diesel agar menjadi tahan lama. Saat ini banyak penjual oli di jalanan, namun jangan sembarangan ketika menggunakan oli yang tidak sesuai dengan anjuran dan spesifikasi yang direkomendasikan pabrik.

Hal tersebut dapat mempengaruhi performa mesin yang ada pada mobil. Untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi, sebaiknya apabila melakukan penggantian oli dilakukan pada bengkel resmi dan dilakukan secara teratur sesuai jadwal yang sudah ditetapkan

Mengganti Filter Bahan Bakar

Filter bahan bakar berfungsi untuk menyaring kandungan solar yang masih memiliki kandungan air ataupun kotoran. Dan filter bahan bakar ini harus diganti sesuai jadwal perawatan berkala untuk menghindari kemungkinan adanya kandungan kotoran ataupun air pada diesel.

Mengganti Filter Udara

Pembakaran secara sempurna yang dilakukan pada mesin diesel dapat dipengaruhi oleh factor udara yang bersih. Pada proses ini, debu dan kotoran dengan ukuran kecil memasuki pori-pori filter menuju mesin yang dapat membuat pembakaran mesin menjadi kotor. Oleh sebab itu, untuk menjaga proses pembakaran mesin selalu bersih, maka menggantian filter harus dilakukan secara berkala agar mesin tetap terjaga dengan baik.

Melakukan Perawatan Secara Berkala

Perawatan ini sangat dianjurkan agar mobil tetap terjaga keamanan dan kenyamanannya. Perawatannya sendiri dianjurkan untuk datang langsung ke bengkel resmi secara berkala sesuai jadwal perawatan. Selain mekanik yang ahli, peralatan dan juga bahan yang digunakan original dan sesuai dengan kebutuhan.

Dan itu dia 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga mesin diesel mobil kamu tetap tangguh dengan mudah. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan