6 Jenis Lampu LED pada Mobil (Headlamp, Sein, Plafon)

Kenali-6-Jenis-Lampu-LED-pada-Mobil-Headlamp-Sein-Plafon.jpg

Lampu merupakan komponen penting yang digunakan sebagai penerangan dalam berkendara. Selain itu, lampu juga dapat memberikan isyarat-isyarat bagi pengguna lain. Maka, wajib bagi kamu untuk mengenali lebih dalam lampu LED mobil yang memiliki peran vital ini.

Apa Itu Lampu LED?

Lampu LED (Light Emitting Diodes) merupakan lampu serbaguna yang banyak digunakan untuk lampu rem, lampu plat nomor, hingga lampu depan atau headlamp mobil. Lampu LED dipercaya memiliki ketahanan yang lebih baik dengan intensitas cahaya yang lebih terang dan tidak memerlukan daya yang besar. Selain hemat energi, lampu ini juga ramah lingkungan. Beberapa kelebihan lainnya yang dimiliki lampu LED ini yaitu tahan terhadap guncangan dengan penerangan stabil saat digunakan medan jalan yang memiliki permukaan sangat kasar sekalipun. Ditambah, lampu ini sangat mudah diganti jika mengalami kerusakan.

Jenis-Jenis Lampu LED pada Mobil

Ada 6 jenis lampu LED mobil yang perlu kamu ketahui. Berikut penjelasannya di bawah ini.

LED T10

LED t10 smd 5730

LED T10 ini bisa digunakan di semua mobil. Umumnya, lampu ini digunakan sebagai lampu sein, lampu senja, lampu indikator panel dashboard, dan lampu plat nomor. Kamu bisa memilih beraneka ragam jens lampu T10, pilihannya berdasarkan mata lampunya. Tersedia mulai dari 1 mata hingga 21 mata dengan jenis yang beragam seperti SMD 1210 dan yang lainnya.

LED T20

t20-removebg-preview

Model LED ini biasanya digunakan sebagai lampu sein, lampu mundur, dan juga lampu rem. Namun, lampu ini seringnya digunakan khusus untuk mobil Eropa.

Floodlightfloodlight

Lampu ini biasa digunakan pada eksterior mobil dengan menghasilkan sinar lampu sorot seperti sinar ultra. Lampu sorot ini memang berasal dari jenis high power LED. Sehingga sinar yang dihasilkan menjadi sangat super terang.

LED Lumiledlumiled

Biasanya, LED ini banyak digunakan sebagai lampu utama pada mobil. Lampu ini merupakan LED berdaya tinggi yang diproduksi oleh divisi khusus pengembangan yang diberi nama Lumiled. Lumiled sendiri merupakan anak perusahaan dari Phillips.

LED Dome Light

domelight

Lampu ini digunakan untuk kabin mobil yang tidak mebutuhkan pencahayaan yang besar. Biasanya, cahayanya hanya cukup untuk menerangi saat sedang mencari barang atau uang receh yang jatuh atau sekadar membaca buku. Namun, beberapa kendaraan telah menggunakan lampu LED berjenis SMD (Surface Mounth Device) yang lebih terang berwarna putih dibanding LED Dome Light yang masih menggunakan bohlam.

LED COB

cob led kotak

Led COB merupakan singkatan dari Chip On Board, LED ini tersusun dalam satu papan yang memiliki ribuan chip LED. Biasanya, lampu ini digunakan sebagai pengganti lampu kabin di plafon.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan