6 Jenis Lampu Mobil yang Perlu Diketahui

Jenis Lampu Mobil

Jenis Lampu Mobil – Lampu yang terpasang pada mobil kesayangan kamu dapat digunakan untuk menerangi jalanan dan membuat rasa aman dan nyaman saat berkendara. Ada beberapa pengendara yang memang sengaja memasang lampu tambahan pada mobilnya, hal ini dilakukan untuk membantu pencahayaan lebih maksimal atau hanya sebagai aksesori saja.

6 Jenis Lampu Mobil

Hal ini lah yang membuat beberapa produsen lampu mobil membuat banyak jenis lampu mobil untuk memenuhi kebutuhan masing-masing pengendara. Lalu, apa perbedaan dari masing-masing jenis lampu tersebut? Dikutip melalui laman resmi Auto2000, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

1. Lampu Halogen

Ketika kamu sedang berkendara pada malam hari atau pada cuaca hujan, maka kamu pasti akan menyalakan lampu mobil utama (headlamp) yang ada di bagian depan. Dan lampu halogen ini adalah jenis lampu yang dipasangkan pada lampu utama mobil atau headlamp tersebut. Mirip seperti lampu pijar yang banyak diketahui, cara kerja lampu halogen ini adalah mengoperasikan filamen pada suhu yang tinggi. Hal ini lah yang membuat lampu halogen dapat menghasilkan cahaya yang lebih terang dengan daya yang diserap sekitar 35-55 watt saja.

2. Lampu LED T10

Lampu LED sendiri saat ini sudah mulai disematkan paa mobil, entah itu sebagai lampu utama ataupun lampu rem mobil. Apabila dibandingkan dengan jenis halogen, jenis LED memiliki daya relatif yang lebih kecil, namun intensitas cahaya yang dihasilkan tak kalah terang.

LED sendiri memiliki beberapa tipe dan juga jenis, salah satunya adalah LED T10 yang biasanya digunakan sebagai lampu sein, lampu senja, lampu indikator panel di dashboard, hingga lampu untuk menerangi plat nomor.

3. Lampu LED Dome Light

Tak semua lampu mobil dipasang pada bagian luar, namun perlu diketahui juga ada jenis lampu yang khusus untuk di dalam kabin mobil. Biasanya, lampu ini terpasang di atas spion depan dan juga di atas tempat duduk penumpang. Cahaya yang dihasilkan dari jenis lampu ini cukup untuk memberi penerangkan apabila seang mencari barang terjatuh di dalam mobil.

4. Lampu LED Lumiled

Jenis lampu LED Lumiled ini cocok untuk digunakan sebagai lampu utama atau headlamp mobil. Hal ini dikarenakan Lumiled memiliki daya yang cukup tinggi sehingga dapat memberikan pencahayaan yang terang. Hal inilah kenapa dari banyaknya jenis lampu LED, jenis Lumiled sangat populer untuk digunakan.

5. Lampu LED Floodlight

Lampu pada posisi depan sendiri tidak hanya ada headlamp saja, melainkan ada juga lampu sorot atau tembak yang memiliki peran penting dalam berkendara. Biasanya, lampu ini digunakan ketika kamu akan mendahului kendaraan yang ada di depan kamu. Dengan menggunakan lampu ini, kendaraan yang ada di depan ataupun arah berlawanan akan beberikan jalan dengan aman.

Karena lampu tembak ini membutuhkan cahaya yang sangat terang, maka tak heran apabila lampu tembak memiliki keterangan yang lebih dibandingkan dengan lampu utama atau headlamp.

6. Lampu HID

Lampu HID atau High Intensity Discharge adalah lampu yang juga bisa digunakan untuk lampu utama mobil, jenis ini juga tidak memiliki filament. Walaupun tidak memiliki filament, HID sendiri mampu menghasilkan penerangan yang lebih terang dibandingkan dengan halogen. Namun sayangnya, HID membtuuhkan daya listrik berbeda dan perlu menggunakan komponen tambahan untuk menyeimbangkannya. Hal ini lah yang membuat lampu HID masih belum digunakan secara banyak oleh mobil-mobil di Indonesia.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan