Kategori: Info Velg Mobil

6 Penyebab Spion Elektrik Tidak Berfungsi

Spion mobil berfungsi untuk melihat benda-benda yang berada di belakang kita agar tidak terjadi benturan. Spion mobil ada yang manual dan ada juga yang elektrik. Keunggulan spion elekrik adalah mudah untuk dilipat. Pemilik bisa dengan mudahnya melipat hanya dengan menekan satu tombol. Meski begitu, spion elektrik juga bisa rusak loh.

Kerusakan terparahnya adalah tidak bisa dibuka secara otomatis. Sehingga, pemiliknya harus membuka spion secara manual. Oleh karenanya, penting sekali untuk mengetahui penyebab spion elektrik tidak berfungsi. Simak ulasan di bawah ini sampai habis ya sobat HSR Wheel!

Baca Juga: 5 Cara Merawat Kaca Spion Mobil Agar Tidak Jamuran

6 Penyebab Spion Elektrik Tidak Berfungsi

1. Kemasukan Kotoran & Air

Penyebab spion elektrik rusak karena spionnya kemasukan debu-debu, kotoran, dan air. Hal ini apabila dibiarkan terus menerus bisa membuat memicu terjadinya kerusakan.

2. Sakering Putus

Sakering putus bisa jadi penyebab spion elekrik tidak berfungsi. Fungsi sakering adalah sebagai pengaman ketika terjadi lonjakan listrik dari kondisi normal. Setelah sakering diganti pastikan tidak ada masalah di sistem kelistrikan supaya menghindari terjadinya masalah yang lebih besar lagi.

3. Gear Rusak

Pemicu spion elektrik tidak berfungsi juga bisa disebabkan karena gear yang rusak. Hal ini disebabkan karena spion elektrik telah lama digunakan yang mengakibatkan gear menjadi aus. Jika itu permasalahannya, maka segera ganti gear yang baru.

4. Disenggol Kendaraan Lain

Spion elektrik rusak juga bisa disebabkan karena spion mobilnya sering bersenggolan dengan kendaraan lain. Hal ini sering kali terjadi terutama saat kendaraanmu sedang berada di parkiran. Spion elektrik yang sering bersenggolan dengan kendaraan lain bisa membuat spion menjadi tidak berfungsi bahkan bisa patah.

5. Melipat Spion Elektrik Secara Manual

Apabila kamu sering melipat spion elektrik secara manual, akan membuat spion tidak berfungsi lagi. Hal ini sebabkan karena adanya unsur pemaksaan yang membuat komponen spion elektrik terganggu. Hal ini sama seperti saat spion elektrik bersenggolan dengan kendaraan lain.

6. Motor Dinamo Penggerak

Spion elektrik rusak juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada motor dinamo. Fitur ini berfungsi untuk menggerakan spion saat membuka dan menutupnya.

Nah, itu dia 6 penyebab spion elektrik tidak berfungsi.

Baca Juga: Ini Dia 10 Mobil Listrik Paling Hemat Energi! Apakah Tesla Juaranya?

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022