Ac Mobil Hanya Keluar Angin Saja, Kenapa?

Ac Mobil Hanya Keluar Angin Saja

Ac Mobil Hanya Keluar Angin Saja – Untuk kamu pemilik mobil mungkin pernah merasakan ketika kabin mobil tak berasa dingin. Padahal kondisi Air Conditioner (AC) sudah dalam keadaan menyala dan diharapkan mampu memberikan kesejukan agar berkendara di dalam mobil bisa menjadi nyaman. Namun kenyataannya, Ac mobil tidak lagi dingin dan bahkan yang keluar hanya angin saja. Hal tersebut tentu saja membuat kondisi di dalam kabin mobil menjadi tidak nyaman.

Penyebab Ac Mobil Hanya Keluar Angin Saja

Hal tersebut terjadi karena banyak hal, untuk itu berikut  beberapa hal yang menyebabkan AC Mobil tidak dingin dan cenderung hanya mengeluarkan angin saja. Untuk ulasan lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini :

Freon Sudah Habis

Sebab pertama adalah habis atau berkurangnya Freon AC.  Berkurangnya Freon AC bisa saja terjadi karena adanya kebocoran pada sambungan pipa atau selang. Sambungan tersebut bocor karena sudah aus dan mungkin karena usia pakainya sudah habis. Selain itu, yang menyebabkan Freon bocor adalahterjadinya kerusakan pada bagian relief valve kompresor. Semua kerusakan tersebut mengakibatkan Freon menjadi habis dan imbasnya adalah AC Mobil menjadi tidak dingin.

Ada Kotoran Pada Kondensor

Kondesor adalah komponen yang berfungsi untuk membuang panas yang dilepaskan kompresor. Fungsinya tersebut membuat keberadaannya jangan sampai kotor. Jika ada kotoran yang menempel pada kondensor, maka akan mengakibatkan AC mobil tidak dingin.

Kondensor perlu dibersihkan secara rutin, jika tidak, maka akan menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran bahkan lebih parahnya lagi akan timbul karat. Sehingga jika itu terjadi, pembuangan panas yang dihasilkan kompresor tidak akan sempurna.

Motor Pada Extra Fan Mati

Selanjutnya coba periksa bagian extra fan, extra fan sendiri terletak di deoan kondensor. Jika extra fan tersebut tidak berputar, maka extra fan lah yang menjadi sebab AC tidak dingin. Jika extra fan mati, maka otomatis tidak aka nada penurunan suhu. Dan imbasnya, kabin mobil suhunya akan menjadi panas.

Kerusakan Kompresor

Jika kompresor mengalami aus atau ada kerusakan, maka sight glass akan berubah menjadi berwarna hitam. Hitam yang terjadi pada sight glass mengindikasikan bahwa receiver dryer atau expansion valve terhambar oleh kotoran. Jika hal tersebut terjadi, maka segeralah mengganti kompresor AC mobil kamu.

Kelebihan Tekanan Pada AC Mobil

Kelebihan tekanan ini terjadi karena disebabkan oleh pengisian oli kompresor yang sudah melebihi batas. Kapasitas oli kompresor yang berlebih akan membuat tekanan pada Freon AC menjadi meningkat. Jika hal tersebut terjadi, maka akan mengakibatkan kompresor menjadi sangat panas. Dan tentu saja proses kondensasinya akan terhambat. Hal tersebut akan membuat AC mobil tidak dingin.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan