AC Mobil Tidak Dingin Bukan Selalu Karena Kurang Freon

AC Mobil Tidak Dingin

AC Mobil Tidak Dingin – Sebagai fitur yang menunjang kenyamanan saat mengemudi untuk penumpang di dalamnya, AC mobil memiliki kegunaan yang cukup penting. Bukan hanya sebagai alat untuk mengatur suhu udara di dalam kabin. AC juga berguna untuk mencegah kaca mobil agar tidak berembun pada saat melewati medan jalan yang sedang hujan.

Keluhan ac mobil yang sudah tidak dingin adalah salah satu hal yang paling sering ditemukan. Mungkin untuk beberapa orang yang awam, merasakan AC yang sudah tidak dingin ini disebabkan oleh isi freon yang sudah habis. Solusi yang dilakukan adalah dengan mengisi freon kembali. Padahal, asumsi bahwa ac mobil tidak dingin karena kekurangan freon adalah kurang tepat.

Beberapa spesialis AC mobil pun menjelaskan bahwa ketika komponen pendingin di dalam mobil ini tidak mengeluarkan hawa dingin lagi bisa disebabkan oleh banyak hal dan tidak selalu karena kurang freon. Perlu diketahui bersama, kuantitas freon sendiri tidak akan mudah untuk berkurang atau bahkan habis. Apabila hal tersebut memang terjadi, maka bisa jadi ada kerusakan atau kebocoran pada sistem AC mobil.

Apabila memang kuantitas freon berkurang, maka solusi terbaiknya adalah bisa segera diisi ulang. Teknisi AC mobil pasti akan melakukan pengecekan ac untuk memastikan penyebab freon bisa berkurang. Karena memang hal ini sudah menjadi prosedur standar dari bengkel AC mobil dalam pelayanannya.

Untuk menghindari terjadi kerusakan hingga bocor pada sistem ac mobil, kamu sebagai pemilik perlu melakukan servis secara rutin sesuai dengan jadwal agar kondisi mobil tetap prima. Servis yang dilakukan secara rutin ini juga termasuk dalam pembersihan sejumlah komponen di dalam AC seperti motor blower, evaporator, dan juga kondensor.

Untuk melakukan perawatan ac mobil sendiri ada baiknya dilakukan ketika mobil sudah menempuh jarak 40.000 kilometer atau dua tahun. Waktu ini sama dengan servis keseluruhan komponen mobil sesuai dengan standar pabrikan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan