Accu Mobil Soak, Apa penyebabnya?

Accu (akumulator) atau aki mobil soak kerap kali membuat repot pemilik mobilnya. Pasalnya, rangkaian aki merupakan inti dari sebuah mobil, tanpa rangkaian aki, maka mobil pastinya tidak akan bisa dijalankan.

Umumnya, aki harus memiliki daya yang cukup untuk menghidupkan seluruh komponen di mesin mobil. Jika tidak, maka mobil akan susah distarter ketika dinyalakan. Saat kondisi inilah,  jenis aki kering atau aki basah harus dicharger atau ditambahkan air lagi, bahkan harus diganti.

Penyebab aki mobil soak dapat terjadi karena berbagai macam penyebab. Misalnya, bisa diakibatkan kurangnya perawatan, masa pakai, dan juga yang lainnya. Simak penjelasannya lebih detailnya di bawah ini.

Penyebab Accu Mobil Soak

Accu mobil soak dapat menghentikan kinerja mobil secara total, sehingga aki  termasuk dalam komponen yang penting untuk menunjang sistem kelistrikan yang berada pada mesin mobil. Berikut penyebab aki mobil menjadi soak.

Mobil jarang digunakan

Ketika mobil jarang digunakan, biasanya para pemilik mobil akan memanaskan mobilnya untuk menjaga keadaan mobil tetap prima.

Tenyata, hal ini tidak sepenuhnya membuat mobil kamu dalam keadaan baik lho! Faktanya, mobil yang jarang digunakan akan tetap kekurangan suplai aliran listrik dan membuat aki mobil akan menjadi cepat soak dalam hitungan beberapa bulan saja.

Ampere yang kecil

Aki mobil yang memiliki ampere kecil akan menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan dalam menyuplai listrik di mesin mobil. Hal ini merupakan pemicu aki mengalami over supply jika terus dipaksakan sehingga menjadi soak.

Aksesoris mobil

Aki akan menjadi soak jika mobil yang kamu gunakan terdapat aksesoris-aksesoris tambahan yang dapat menguras lebih banyak daya aki ketika digunakan terus-menerus seperti pemasangan audio sistem tambahan dan elektronik yang lainnya. Pastikan aki mobil cukup untuk tambahan aksesoris di luar standar pabrik dengan setrum besar.

Usia Accu

Aki yang soak dapat terjadi akibat umur penggunaannya sudah masuk tenggat waktu. Selain itu, aki yang sudah terlalu lama disimpan juga dapat mempengaruhi hal ini ketika dipasangkan ke dalam mobil.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan