Kategori: Tips Otomotif

Isi Air Radiator, Lebih Baik dengan Apa?

Ketika mengisi air radiator mobil, maka tak jarang banyak orang yang menggunakan cairan khusus atau yang sering disebut dengan coolant. Bahkan, tidak sedikit pula yang menggunakan air biasa. Nah meskipun dari segi fungsi keduanya sama-sama untuk mendinginkan suhu di dalam mesin, akan tetapi mana yang sebenarnya lebih baik? Simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

Kelebihan Radiator Coolant Dibandingkan Air Biasa

Sebelum mengisi air radiator mobil, ada baiknya kamu mengetahui lebih dalam berkaitan dengan kelebihan radiator coolant dibandingkan dengan menggunakan air biasa. Nah, berikut ini pemaparannya.

Komposisinya Mengandung Bahan Kimia

Pada dasarnya, cairan coolant terdiri dari propylene glicol dan corrosion inhibitor. Selain itu, cairan ini berasal dari air yang sudah mengalami proses deionisasi dan juga demineralisasi. Hal tersebut membuat cairan coolant terbebas dari mineral dan juga kotoran.

Titik Didih Lebih Tinggi dan Titik Beku Lebih Rendah

Nah kandungan propylene yang terkandung pada cairan coolant, sebenarnya dapat membuat tingkat didih dari cairan tersebut menjadi lebih tinggi. Hal ini lah yang membuat coolant menjadi lebih sulit untuk menguap dibandingkan bila kamu menggunakan air biasa. Bahkan, menariknya dengan menggunakan cairan coolant maka dapat meminimalisir terjadinya kebocoran pada sistem pendingin mobil.

Selain itu, kandungan propylene juga dapat membuat coolant memiliki titik beku yang lebih rendah dibandingkan dengan air. Bahkan, dengan adanya kandungan tersebut membuat coolant jauh lebih efektif ketika menyerap panas dibandingkan bila kamu menggunakan air biasa.

Lalu, Mana yang Lebih Baik?

Pada saat kamu mengisi air radiator dengan menggunakan cairan coolant atau air biasa, sebenarnya memiliki perbedaan. Nah dikutip dari beberapa sumber bahwa air biasa diklaim tidak bisa semaksimal ketika kamu menggunakan cairan coolant untuk mendinginkan suhu mesin.

Hal ini dikarenakan cairan coolant menggunakan berbagai komponen sehingga mampu menjaga suhu di dalam ruang pembakaran. Selain itu, cairan coolant juga dinilai lebih mampu untuk menahan korosi di dalam saluran radiator. Bahkan, juga bisa lebih meminimalisir terjadinya endapan dibandingkan bila kamu menggunakan air biasa.

Pos Terbaru

Biaya Resmi Bayar Pajak Plat Nomor Cantik

Saat di jalan raya, kamu pasti pernah melihat mobil dengan plat nomor cantik dengan angka… Read More

9 jam lalu

5 Jenis Mobil Derek yang Harus Kamu Ketahui

Mobil derek termasuk dalam kategori jenis kendaraan berat yang berfungsi untuk menderek kendaraaan yang mengalami… Read More

2 hari lalu

Memilih Carbon Cleaner yang Tepat untuk Mesin Mobil

Bagaimana caranya memilih carbon cleaner yang tepat? Banyak orang belum mengetahui tentang cairan pembersih mesin… Read More

6 hari lalu

Fungsi Frit Band di Sekeliling Pinggiran Kaca Mobil

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting yang dapat menunjang keselamatan. Sebab, hal ini sangat… Read More

7 hari lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ceper, Ketahui Sebelum Modifikasi!

Bagi kamu yang berniat melakukan modifikasi mobil ceper, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan… Read More

1 minggu lalu

Sering Pegal Saat Berkendara? Lakukan 3 Tips ini!

Pegal-pegal saat berkendara memang merupakan hal lazim dialami bagi para pengemudi, apalagi jika harus menempuh… Read More

1 minggu lalu