Aki Mobil: Jenis, Spesifikasi, dan Tips Memilih Yang Pas

Jenis Aki Mobil

Aki mobil merupakan ruang penyimpanan energi listrik yang dinamis. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan daya listrik yang nantinya akan dibutuhkan oleh komponen kendaraan lainnya. Aki mobil yang bermasalah akan berdampak terhadap performa kendaraan yang semakin menurun.

Oleh karenanya, penting sekali untuk merawat aki mobil secara berkala dengan cara mengganti aki mobil secara rutin dan perhatikan juga jenis aki tersebut sebelum membelinya. Sebab, kualitas aki mobil juga akan mempengaruhi performa kendaraan.

Pada artikel kali ini HSR Wheel akan membahas mengenai 6 jenis aki beserta spesifikasi dan tips memilih aki yang tepat untuk kendaraan bermotor kamu. Simak ulasan artikel di bawah ini sampai habis ya teman-teman HSR Wheel!

Baca Juga: Cara Jumper Aki Mobil Tanpa Kabel Dengan Mudah

6 Jenis Aki Mobil dan Spesifikasinya

Aki mobil terdiri dari beragam jenis dan setiap jenis memiliki beberapa perbedaan, mulai dari harga, kualitas, dan komponen penyusunannya. Berikut ini 6 jenis aki beserta spesifikasinya. Simak ulasan di bawah ini sampai habis ya!

1. Aki Hybrid

Aki hybrid merupakan salah satu jenis aki yang berasal dari perpaduan aki kering, basah, dan kalsium. Dengan racikan tersebut, membuat jenis aki ini memiliki tingkat penguapan yang sangat minim dan tidak membutuhkan perawatan secara rutin.

Cairan aki yang digunakan pada tipe aki ini adalah cairan elektrolit. Hal ini mirip dengan cairan yang terdapat pada aki basah. Akan tetapi kadar penguapannya sangat rendah. Sehingga usia pakai air aki lebih panjang dari aki basah. Perawatan jenis aki ini terbilang cukup mudah dari aki basah namun jenis aki ini mudah mengalami efek korosi terhadap mesin mobil. Aki mobil ini memiliki jumlah yang terbatas dan jarang ditemukan di toko-toko, aki jenis ini juga jarang digunakan.

2. Aki Basah

Jenis aki yang kedua adalah aki basah karena di dalamnya mengandung cairan elektrolit atau asam sulfat. Aki jenis ini mengandung timah antimoni yang lebih mudah menguap. Hal ini membuat cairan jenis aki ini lebih cepat habis. Sehingga aki basah perlu melakukan isi ulang cairan. Timah antimoni berfungsi sebagai penguat timbal untuk baterai.

3. Aki Kering

Jenis aki yang selanjutnya ada aki kering. Jenis aki ini sangat familiar dikalangan masyarakat dan memiliki sifat yang berkebalikan dengan aki basah. Meski sama-sama memiliki cairan elektrolit namun kandungan timah kalsiumnya relatif lebih hemat dan sulit untuk menguap.

4. Aki Kalsium

Jenis aki yang keempat ada aki kalsium. Jenis aki yang satu ini terbuat dari kalsium. Aki kalsium memiliki tingkat penguapan yang rendah dibandingkan dengan aki basah dan kering sehingga lebih irit. Selain itu, jenis aki ini mempunyai daya tahan baterai yang sangat baik dalam menyalurkan listrik.

Hal ini membuat harga aki kalsium lebih mahal dari aki kering dan basah. Jenis aki juga jarang ditemukan di toko-toko peralatan mobil tidak seperti jenis aki kering dan basah.

5. Aki Gel

Jenis aki mobil yang selanjutnya ada aki gel. Jenis aki yang satu ini menggunakan cairan berupa gel dan tetap mengandung cairan elektrolit. Sehingga membuat aki ini tidak mudah terkena korosi karena gel bersifat tidak mudah korosif dan merusak komponen seperti pada cairan elektrolit. Selain itu, aki ini juga diklaim sebagai aki mobil terbaik dan tercanggih

6. Aki MF AGM

Jenis aki mobil yang terakhir adalah aki MF AGM. Aki ini cocok untuk kendaraan mobil jenis off road karena unggul pada daya tahan dan kekuatan dibandingkan aki lainnya. Kelebihan dari jenis aki MF AGM adalah mempunyai teknologi yang bisa membuat cairan aki terperangkap dalam separator khusus. Meskipun mobil dalam keadaan miring, cairan aki di dalamnya tidak akan tumpah dan dapat tetap bekerja sesuai semestinya.

Setelah kamu mengetahui jenis-jenis aki mobil, hal selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah tips memilih jenis aki mobil yang tepat untuk mobil kamu. Simak ulasan di bawah ini sampai habis ya!

Tips Memilih Aki Mobil

Berikut ini tips memilih aki mobil yang tepat untuk diisikan ke dalam mobil kamu. Simak urainnya di bawah ini!

1. Membeli di Tempat Terpecaya

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membeli aki mobil di toko yang berkualitas dan terpercaya di kotamu. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya praktik pemalsuan merek aki mobil. Oleh karena itu, lebih baik untuk membeli aki mobil dengan harga yang lebih mahal daripada membeli aki mobil dengan harga relatif lebih murah namun kualitas KW.

2. Sesuaikan Jenis Aki Yang Akan Digunakan Dengan Spesifikasi Mobil

Setelah kamu menemukan toko peralatan mobil terpercaya, langkah selanjutnya dengan memilih jenis aki yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan kamu. Hal ini agar performa kendaraan kamu lebih meningkat terutama jika mobil kamu telah mengalami modifikasi dengan menambah berbagai macam jenis aksesoris atau sound system yang membutuhkan lebih banyak daya listrik.

3. Pilih Aki Mobil Berdasarkan Kapasitasnya

Tips berikutnya dengan memilih aki yang sesuai dengan kapasitas mobilnya. Kapasitas aki diukur berdasarkan ampere dan tegangan. Menggunakan aki yang memiliki tegangan jauh lebih kecil daripada standar mobil. Aki dengan tegangan yang besar akan menyebabkan kerusakan komponen listrik pada mobil.

4. Hindari Membeli Aki Bekas

Tips memilih aki mobil selanjutnya adalah jangan membeli aki bekas meski harga aki bekas lebih murah daripada aki baru. Karena bisa merusak komponen-komponen yang terdapat pada kendaraan kamu.

Nah itu dia 6 jenis aki mobil beserta tips membeli aki mobil yang tepat untuk mobil kamu. Lebih baik membeli aki mobil dengan harga yang mahal daripada membeli aki mobil palsu atau bekas. Karena akan berpengaruh terhadap performa mobil kamu.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan