Alasan Busi Mobil Harus Diganti Secara Rutin

Alasan Busi Mobil Harus Diganti

Busi merupakan komponen terpenting dalam sistem pengapian. Fungsi utamanya, yaitu untuk membakar campuran bensin dan udara yang dikompres melalui gerakan piston. Tanpa adanya busi di dalam ruang mesin maka proses pembakaran tidak akan terjadi dan komponen yang terkait dengan sistem gerak juga tidak akan berfungsi dengan semestinya.

Oleh karenanya, apabila terjadi kerusakan pada busi mengakibatkan performa mobil menurun. Berikut ini 3 alasan mengapa busi harus diganti secara rutin dan kapan busi mobil harus diganti. Simak artikel di bawah ini sampai selesai ya, untuk mengetahui jawabannya!

Baca Juga: Fungsi Kabel Busi Mobil yang Perlu Diketahui

Alasan Busi Mobil Harus Diganti Secara Rutin

1. Menghemat BBM

Boros bahan bakar sering membuat pemilik mobil kesal. Boros bahan bakar dapat disebabkan karena berbagai hal. Salah satunya busi mobil yang rusak atau tidak pernah diganti. Busi mobil yang sudah lama tidak diganti membuat konsumsi bahan bakar menjadi semakin boros daripada biasanya. Oleh karena itu, apabila pengemudi telah menempuh jarak  45.000 kilometer maka harus diganti. Tujuannya untuk menghindari konsumsi BBM yang berlebihan.

2. Menjamin Pengapian Sempurna

Salah satu fungsi busi mobil adalah untuk membakar campuran bensin dan udara yang dikompres melalui gerakan piston. Busi mobil yang tidak diganti secara berkala, bisa membuat busi menjadi cepat rusak. Akibatnya tidak akan terjadi proses pembakaran di dalam ruang bakar mesin. Sehingga akan menurunkan performa mobil.

3. Agar Gas Buang Menjadi Lebih Sempurna

Alasan busi mobil harus diganti agar gas buang menjadi lebih sempurna. Karena busi mobil yang sudah rusak mengakibatkan tidak terjadi proses pembakaran sehingga emisi gas buang akan menjadi tidak beraturan. Oleh karenanya, perlu sekali pemilik mobil untuk mengganti busi setiap satu tahun sekali atau batas jarak tempuh sebesar 45.000.

Busi mobil yang baru akan meningkatkan performa mobilmu. Nah itu dia, alasannya mengapa busi harus melakukan pergantian secara berkala. Jadi, selalu cek kondisi mobilmu ya!

Baca Juga: 5 Tanda Busi Mobil Rusak Atau Aus

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan