Tips Otomotif

Alasan Tekanan Angin Pada Ban Serep Wajib Diperhatikan

Apabila kamu memiliki kendaraan bermotor khususnya mobil, ban serep adalah komponen khusus  yang wajib dimiliki. Ban cadangan mobil berfungsi sebagai ban pengganti apabila salah satu ban utama mengalami kerusakan atau timbul masalah secara tiba-tiba pada saat berkendara.

Perlu kamu ketahui, walaupun statusnya adalah sebagai ban cadangan, namun bukan berarti kamu mengabaikannya dan hanya dicari pada saat dibutuhkan saja. Ban cadangan ini perlu sesekali kamu perhatikan kondisinya agar pada saat dibutuhkan maka kondisinya bisa mengimbangi ban utama lainnya.

Dari mayoritas pemilik mobil, banyak yang jarang bahkan mengabaikan kondisi ban cadangannya. Mereka membiarkan ban cadangan ini teronggok di bagasi atau di belakang mobil. Padahal, apabila ban cadangan kondisinya tidak diperhatikan dan tidak bisa dipakai, maka kamu akan kerepotan pada saat akan menggunakannya.

Pentingnya Tekanan Angin Pada Ban Serep

Salah satu yang harus kamu perhatikan pada ban cadangan mobil adalah tekanan angin di dalamnya. Setidaknya kamu perlu mengecek tekanan angin ban cadangan ini setiap dua bulan sekali. Biasanya, tekanan angin pada ban serep diisi lebih banyak karena tekanan ban cadangan bisa memuai akibat tidak digunakan dalam waktu dekat.

Bukan hanya itu saja, selain tekanan angin, kamu juga perlu memerhatikan posisi penyimpanan ban serep. Biasakan untuk memposisikan ban serep dengan posisi yang benar, jangan posisikan secara terbalik karena akan mengakibatkan bagian dinding ban menjadi memuai.

Untuk ban yang letaknya ada di kolong mobil, usahakan jangan terlalu sering terkena air. Hal ini karena akan berimbas timbulnya karat pada besi penyangga yang tentunya akan merusak dinding ban juga. Apabila lama tidak digunakan, kamu perlu tahu apabila ban serep sendiri memiliki masa pakai atau kedaluwarsa.

Biasanya, ban mobil akan kedaluwarsa dengan dua indikator. Yang pertama adalah ketika ban mobil sudah berusia 3 tahun setelah masa produksi, dan yang kedua adalah ketika ban sudah melakukan perjalanan sejauh 40.000 km. Setelah salah satu indikator tersebut dilewati, maka segera lakukan penggantian ban mobil untuk alasan keamanan. Untuk mengetahui tanggal produksi ban mobil, kamu bisa melihatnya di bagian dinding ban mobil.

Dan itu dia alasan kenapa tekanan angin pada ban cadangan mobil wajib diperhatikan. Apabila diabaikan, tentu kamu akan kerepotan pada saat ingin menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

Begini Penyebab Kecelakaan Maut Di Balikpapan

Kecelakaan di Balikpapan. Akhir-akhir ini, kita sedang dihebohkan oleh berita mengenai kecelakaan maut yang terjadi di… Selengkapnya

28 Januari 2022

Cara Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet

Merawat Ban Mobil- Ban merupakan komponen terpenting untuk semua jenis kendaraan khususnya mobil. Bocornya ban… Selengkapnya

28 Januari 2022

Jual Aksesoris Mobil Terbaik & Berkualitas

Aksesoris Mobil. Bagi kamu yang memiliki kendaraan mobil dan suka berpergian jauh. Kamu wajib membeli… Selengkapnya

27 Januari 2022

Cara Membedakan Velg Original dan Replika

Velg Original - Bagi kamu pecinta otomotif, melakukan modifikasi kendaraan merupakan suatu kegemaran atau bahkan… Selengkapnya

27 Januari 2022

Tips Modifikasi Velg Mobil Agar Terlihat Keren

Tips Modifikasi Velg Mobil - Bagi kamu yang mempunyai kendaraan mobil. Kamu harus memperhatikan velg… Selengkapnya

26 Januari 2022

Jual Ban Mobil Terdekat di Jakarta Timur

Ban Mobil- Memiliki ban mobil yang berkualitas merupakan impian semua orang yang memiliki kendaraan mobil.… Selengkapnya

26 Januari 2022